air terjun sri gethuk oase di wonosari gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul jogja dulunya hanyalah gunungan kapur yang tandus dan juga sering diabaikan masyarakat kota jogja , namun siapa sangka , ternyata dibalik gunung kapur yang tandus itu tersimpan banyak sekali pesona alam yang sangat rugi jika dilewatkan begitu saja , setidaknya ada lebih dari lima belas pantai yang sangat eksotik di baliknya , ada juga wisata wisata lain sperti goa yang sangat indah dan menambah daftar petualangan berwisata alam di kota Jogja .
Kali ini wisata yang sotik yang terletak di gunung kidul adalah air terjun sri gethuk , air terjun ini terletak di bleberan , Playen kabupaten Gunungkidul . air terjun Sri getuk ini sangat unik sekali , bukan tanpa alas an, tapi keunikan dari air terjun ini adalah tidak peduli cuaca apapun, air yang mengalir dari sungai yang ada di gunungkidul ini selalu deras dan jika anda mengunjungi tempat ini kala musim hujan , maka anda akan melihat indahnya pelangi yang membias di aliran air terjun ini seakan akan anda sedang berada di negeri dongeng yang sering di gambarkan dalam cerita .

Keindahan air terjun sri gethuk ini tak lepas dari beberapa mitos dari warga setempat , kono pada zaman dahulu air terju sri gethuk ini dulunya adalah tempat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan kethuk , kethuk sendiri merupakan alat musik atau gamelan yang dimiliki oleh makhluk halus yang bernama Jin Anggo Meduro .

indahnya air terjun sri gethuk jogja

air terjun sri gethuk angker

Nama Air terjun Sri gethuk sendiri diambil dari nama alat musik yang dimiliki jin Anggo Meduro tersebut , tidak aneh jika warga di sekitaran air terjun ini, pada waktu malam hari di waktu waktu tertentu sering mendengar alunan suara gamelan yang entah darimana asalnya . dan warga pun percaya jika alunan gamelan itu sedang dimainkan oleh jin Anggo Meduro

Meskipun demikian , mitos – mitos yang ada di Air terjun Sri gethuk ini tidak membuat pengunjung takut atau bahkan terganggu dengan cerita dari masyarakat tersebut , malah para pengunjung justru semakin mengagumi kindahan yang dimiliki oleh air terjun sri gethuk ini.

Panorama yang ada di air terjun ini memanjakan mata siapapun yang mngunjungi , undak undakan alami yang ada di air terjun ini seperti undak undakan buatan yang ada di tempat wisata , bedanya jika disini semua masih alami , mulai dari jalan sebelum ke kawasan wisata ini saja sudah terasa hawa asri dan dan tenang , namun pemerintah setempat harus membenahi dan menggali potensi yang ada di tempat wisata di gunungkidul ini mengingat akses menuju air terjun ini lumayan sulit karena banyak sekali jalan jalan yang berbatu mau pun akses jalan yang terlalu buruk yangdapat membahayakan pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata ini.

air terjun sri gethuk gunung kidul

lokasi dan alamat

Air terjun sri gethuk ini berlokasi Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861 , berikut titik GPS dan peta @-7.942866,110.4872733

peta map obyek wisata air terjun sri gethuk

rute perjalanan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk

ika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta dan ingin berkunjung dan berwisata di lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Anda dapat mengambil jalan yang menuju ke arah Wonosari. Ikuti terus dari jalan Jogja-Wonosari hingga sampai di pertigaan Gading. Di pertigaan tersebut, terdapat banyak sekali papan penunjuk arah dan ikutilah jalan sesuai dengan petunjuk arah tersebut hingga Anda pun tiba di daerah Playen.

Setelah sampai dii daerah Playen, disana juga terdapat banyak sekali petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk serta sejumlah objek wisata lainnya di sekitarnya . Sebaiknya Anda mengambil arah yang melalui jalan beraspal meskipun jalan tersebut berjarak sedikit lebih jauh dibandingkan jika melalui jalan off-road. Jalan off-road ini sebenarnya patut dihindari mengingat kondisinya yang buruk atau lebih tepatnya di sebut dengan jalan yang berbatu. Jadi untuk para wisatawan yang ingin menuju ke lokasi Air terju ini , lebih banyak

air-terjun-sri-gethuk-wonosari

harga tiket masuk ke Air terjun Sri Gethuk

Harga tiket masuk k Air terjun Sri Gethuk Ini sebesar Rp 5.000 , jumlah tersbut juga merupakan biaya retribusi di tempat tempat wisata yang ada di sekitanya , jadi biaya tiket tersebut sangat murah bila disbandingkan dngan keindahan yang ada di dalamnya
kuliner yang ada di dekata wisata air terjun Sri gethuk
di wisata air terjun sri gethuk ini , banyak warga setempat yang berjualan menjajakan barang dagangan merka , anda boleh membawa makanan hingga ke area air trjun tersebut , namun tetap memperhatikan kebersihan yang ada di sekitar air terjun sri gethuk ini supaya wisata ini menjadi tetap bersih dan sedap di pandang mata .

hotel terdekat di Air terjun Sri gethuk

Mengingat tempat wisata ini berada di kabupaten gunung kidul Yogyakarta , maka belum banyak terdapat hotel dan pengiinapan dengan harga terjangkau bagi yang ingin menginap di dekat kawasan wisata yang ada di kabupaten gunungkidul ini .
namun bukan berarti tidak terdapat hotel dikawasan itu , ada hotel terdekat dari lokasi berada di kawasan Prawirotaman yang terkenal sebagai kampung turis ini , beberapa hotel tersebut adalah Hotel Indah Palace Yogyakarta atau Eclipse Hotel

air terjun sri gethuk oase di wonosari gunungkidul | wisata | 4.5