makam imogiri persemayaman para raja

pemakaman imogiri merupakan pemakaman dari raja raja yang berlokasi di desa imogiri, bantul Dareah Istimewa Yogyakarta , pemakaman ini juga dianggap sebagai pemakaman keramat dan suci karena juga merupakan pemakaman raja raja pada masa kerajaan mataram , pemakaman ini berada di perbukitan sehingga suasana di pemakaman ini sangat sejuk dan berhawa dingin .

Sejarah pemakaman imogiri

Cerita ini bermula ketika Sinuhun Hanyokrowati atau yang dulu dikenal dengan nama Sinuhun Sedo Krapyak meninggal dunia , maka puteranya yang bernama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom pada waktu ayahnya meninggal saat itu juga dia sedang pergi ke pegunungan Selatan.

Dan yang ditunjuk sebagai wakil pemegang pemerintahan adalah Gusti Pangeran Martopuro. Setelah setahun lamanya ia bertirakat, akhirnya ia pun pulang dari pegunungan tersebut karena dia merasa pergi sudah terlalu lama juga sudah dicari-cari oleh penghulu Katangan, sebelum menjadi penghulu. Pada tahun 1627, ia masuk dipanggil ke kerajaan oleh Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan pemegang kekuasaan Mataram saat itu

Sesudah Pangeran Martopuro pergi meninggalkan kerajaan menuju ke kota Ponorogo. Dan atas permintaan semua rakyat pada saat itu maka Pangeran Purboyo yang juga adalah wakil dari Pangeran Adipati Anom langsung memerintahkan penghulu Ketegan untuk mencari dimana keberadaanPangeran Adipati Anom.
Akhirnya setelah di cari cari , saat itu Pangeran Adipati Anom sedang bertapa di kaki Gunung Kidul, dia pun kemudian dibawa pulang ke kerajaan oleh penghulu ketegan.

tempat wisata menarik lainnya :  Masjid Agung Demak

makam-girirejo-imogiri

Sesudah itu, Pangeran Adipati Anom kemudidan diangkat menjadi Raja di Kerajaan Mataram. Ia adalah raja yang dikenal banyak orang mempunyai sifat cerdik dan juga pandai sehingga banyak rakyatnya maupun makhluk halus serta jin yang konon katanya juga takluk dan tunduk atas kekuasaannya dan di Negeri Mataram terkenal sebagai raja pelindung penyakit.
Karena juga sifat bijaksana yang dimilikinya, maka pada setiap hari Jumat, ia mempunyai ilmu yang dapat pergi secara gaib, dan dia juga dapat sujud ke Mekkah dengan secepat kilat. Setelah sudah 5 tahun lebih ia memerintah kerajaan mataram, kerajaannya dipindahkan ke Kerta-Plered dan selanjutnya Kanjeng Sultan ingin memulai membuat makam di Pegunungan Girilaya yang merupakan pegunungan terletak di sebelah Timur Laut Imogiri yang dipergunakan sebagai makam raja. Tetapi sebelum makam itu selesai dibuat , pamannya yang bernama Gusti Pangeran Juminah sudah lebih dulu mengajukan permintaan. Kemudian Sinuhun merasa kecewa.

Dan tidak lama kemudian setelah peristiwa itu, pamannya tersebut meninggal seketika dan meninggalnya pun secara tiba tiba. Sesudah pamannya meninggal, Kanjeng Sultan Agung melemparkan segenggam pasir yang berasal dari Mekkah yang pada akhirnya pasir tersebut jatuh di Pegunungan Merak dan seterusnya Sinuhun segera membuat makam raja di pegunungan yang besar dan tinggi tersebut.

pemakaman-raja-raja-imogiri-kota-gede-jogja

Lokasi dan Alamat pemakaman imogiri

pemakaman raja raja ini terletak di desa imogiri , bantul , Daerah Istimewa Yogyakarta, adapun titik gps @-7.9200825,110.3763462 dan peta sebagai berikut

tempat wisata menarik lainnya :  harga tiket masuk dan sejarah berdirinya candi borobudur


peta map pemakaman imogiri

Rute perjalan ke pemakaman imogiri

rute perjalan menuju ke pemakamn imogiri itu sendiri tidaklah terlalu sulit , jika kita berangkat dari magelang, kita akan berawal melalui jalan Tidar Selatan, setelah itu kita Ikuti sampai ke Jalan Magelang , dilanjut ke jalan Ringroad Barat dan Jalan Nasional III , ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Jalan Imogiri Barat yang ada di Sewon setelah itu tetap berkendara dan tetap ikuti jalan tersebut karena sekitar beberapa ratus meter sudah banyak papan penunjuk arah yang menunjuk ke aarah pemakaman imogiri

Harga tiket masuk pemakaman imogiri

untuk harga tiket masuk ke pemakaman tidak ada harga yang dipatok , hanya berupa sumbangan seikhlasnya yang didalamnya termasuk untuk penyewaan baju Jawa yang harus digunakan pada saat memasuki kawasan imogiri .

kuliner dekat pemakaman imogiri

jika telah berwisata sekaligus berziarah ke pemakaman imogiri kita akan di beritahu jika ada warung terkenal yang ada di dekat pemakaman imogiri yaitu Warung Sederhana.
Warung ini berdiri sejak tahun 1958 , dan masih mempertahankan menu yang dihidangkan dari pertama kali dibuka. suasana warung ini masih sesederhana sesuai dengan nama yang disematkan, yaitu Warung Sederhana Imogiri. Letak warung ini tidak jauh dari area pemakaman imogiri ,kurang lebih sekitar 50 meter dari Pasar Imogiri lama yang sebelumnya telah habis dan rata dengan tanah karena terkena gempa dashyat pada tahun 2006 lalu. Dan sekarang, Pasar Imogiri telah berpindah ke tempat yang baru, terletak agak jauh dari warung ini. Namun, daya tarik Warung Sederhana ini masih merupakan magnet yang kuat bagi warga dan pengunjung pemakaman imogiri.
Menu yang disajikan di warung ini adalah sayur lodeh, brongkos, yang terdiri dari tahu dan kacang tolo, dengan minuman yang ada dari zaman pertama dibukanya yaitu teh panas gula batu. Termasuk bumbu yang digunakan pada masakan semur telur bebek, racikan minuman panas dengan gula batu yang memiliki kualitas terbagus tetap sama dan berlangsung dari tahun ke tahun.

tempat wisata menarik lainnya :  legenda obyek wisata candi sewu di klaten

Menu tersebut juga masih ada sampai sekarang, sekalipun warung tersebut saat ini dipegang keturunannya, beliau bernama Suharsi. Menunya tetap sama , hanya, sekarang ada tambahan seperti rames, soto ayam kampung, burjo (bubur kacang ijo),es dawet, dan ronde yang dapat menghangatkan tubuh.

hotel di dekat pemakaman imogiri

hotel yang ada di pemakaman imogiri termasuk banyak dan tidaklah sulit dicari ketika kita memerlukan tempat istirahat setelah melakukan perjalan yang jauh , diantaranya hotel santoso , hotel dewa ruci dan Ros-in hotel

imogiri - rute ke makam imogiri bantul - tarif masuk makam imogiri -