kapal bosok serang banten makam Ki Abdullah angga Depa

Banten memiliki banyak kisah dan cerita peninggalan berupa makam kramat yang masih banyak belum terungkap dan banyak dari peninggalan atau makam tersebut kini menjadi sebuah obyek wisata religi yang ramai di kunjungi para wisatawan.
di antara banyak makam dan kisah peninggalan tersebut adalah makam Ki Abdullah angga Depa yang peninggalan sejarahnya banyak di sebut dengan sebutan makam kapal bosok

sejarah dan asal usul kapal bosok serang banten

pada dahulu kala pada jaman kasultanan banten berkuasa di wilayah banten hidup seorang yang terkenal sangat sakti yang namanya Ki Abdullah Angga Depa yang sangat terkenal di wilayah kerajaan kasultanan banten hingga kesaktiannya juga di kenal oleh sultan banten itu sendiri. Ki Abdullah angga Depa adalah seorang yang berasal dari curug kota serang banten.

alkisah pada suatu waktu sultan banten mengadakan hajatan berupa pernikanan putrinya dan saat itu sultan banten menyuruh Ki abdullah Angga depa untuk mencarikan kayu bakar guna memasak keperluan hajatan pernikahan tersebut , namun Ki Abdullah angga Depa pulang tak membawa kayu namun yang di bawanya berupa pohon kayu besar yang di bawa dengan di tarik menggukan pundaknya untuk menarik pohon tersebut, namun tanpa sepengetahuannya ternyata pohon tersebut terdapat lubang yang mana di dalam lubang tersebut terdapat harimau dan ketika sampai di tempat hajatan harimau tersebut keluar dan mengacaukan acara hajatan sultan banten.

atas kejadian tersebut sultan banten marah dan memerintahkan prajutit untuk menangkap Ki Abdullah angga Depa dan kemudian di ikatlah Ki Abdullah angga Depa pada sebuah kapal di sebuah pelabuhan karangantu.
namun kemudian Ki Abdullah angga Depa dengan kesaktiannya menarik kapal tersebut hingga sampai di desa drangong , suatu desa di keelurahan curug manis kecamatan curug kota serang banten hingga sampai kapal itu membusuk hingga Ki Abdullah angga Depa kemudian meninggal dan di makamkan di tempat tersebut.

kapal bosok itu sendiri di ambil dari bahasa jawa yaitu dari kata kapal=kapal bosok=busuk dan hingga kini makam Ki Abdullah angga Depa ramai di kunjungi para peziarah terutama di malam jum’at.

Letak alamat lokasi kapal bosok serang banten

kapal bosok terletak di Kampung Drangong, Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang Provinsi Banten. yang bila pada peta gps google map berada di titik sebagai berikut

tragedi kapal bosok - kapal bosok maps - peta lokasi jalan ke kapal bosok - jps alamat kapal bosok - masjidperahubosok - Kapal bosok dari atas langit - rute jalan kapal bosok - kapal bosok makan korban - Sejarah Perahu Bosok - curug boko serang -