candi surowono ini berada di Dusun Surowono, Canggu Pare Kediri Jawa Timur

Kediri ini memili tempat wisata yang bernilai sejarah yang sangat tinggi , wisata tersebut berupa candi , dan candi ini bernama Candi Surowono . Berada di dusun Surowono desa canggu kecamatan pare,Kediri,Jawa Timur. candi Surowono ini sebelumnya sudah diperkirakan oleh para ahli arkeolog merupakan candi yang beerasal dari peninggalan Pendharmaan Bhre Wengker dari masa kerajaan majapahit pada saat itu , dan seperti yang ada dalam kitab Negarakertagama Bahwa pendharmaan Bhre Wengker ini juga telah meninggal pada sekitar tahun 1388 Masehi serta dia dimakamkan di Curabhana.


Candi Surowono ini dulu sudah diperkirakan dibangun pada tahun 1400 Masehi dikarenakan Pendharmaan ini merupakan seorang raja yang sdang Berjaya , setelah 12 tahun meninggal serta telah dilakukan upacara Srada maka dibangunlah sebuah candi untuk memberikan penghormatan untuk raja yang telah memimpin wilayah tersebut.
Candi Surowono ini berbentuk bujur sangkar dengan candi yang menghadap langsung kearah barat , Candi Surowono ini juga mempunyai ukuran hanya 7.8 M x 7.8 M serta tinggi dari candi ini sendiri hanyalah sekitar 4.72 Meter , dan pada bagian Pondasi dari candi surowono ini terbuat dari sebuah batu bata yang juga memiliki kedalaman sedalam 30 Cm jika diukur dari permukaan tanah .
Candi Surowono ini berjarak kurang lebih sekitar 28 Kilo meter jika ditempuh dari Kota Kediri , dan setiap harinya di lokasi candi ini ternyata selalu di jaga oleh 3 Orang yang merupakan juru kunci dari candi surowono ini dan sekaligus yang mempunyai rumah berada di sekitar Candi , mereka adalah orang yang selalu merawat kebersihan maupun keamanan dari Candi Srowono ini . nah maka anda harus menghargai merka dengan tidak membuang sampah di area candi ini karena mereka sudah mau dengan sukareala merawat candi surowono ini supaya tetap terlihat bersih dan juga terjaga keamanannya dan pengunjung pun menjadi nyaman mngunjungi candi ini .

tempat wisata menarik lainnya :  makam sunan kalijaga kadilangu

lokasi dan alamat

Lokasi candi surowono ini berada di Dusun Surowono, Canggu Pare Kediri Jawa Timur. Berikut titik GPS dan juga peta
@-7.7461652,112.2159125

rute jalan menuju ke Candi Surowono

Bila anda ingin menuju ke candi ini dan anda berangkat dari Kota Pare , Kediri , maka anda pun bisa langsung menuju ke lokasi yaitu Objek wisata Candi Surowono , yang letaknya juga tidak terlalu jauh , nah dimulai dari alun alun kota pare maka anda pun bisa langsung menuju ke RS HVA Toeloengredjo , dan di sebelah Rumah sakit tersebut ada perempatan besar , nah anda pun bisa belok kanan dan setelah itulangsung menuju ke Dusun Surowono . Candi Surowono ini juga sangat mudah di temui karena letaknya berada di Pinggir Jalan dari Dusun tersebut, serta jalan yang pastinya sagat mudah di akses.

tempat wisata menarik lainnya :  sejarah dan asal usul sendang coyo kabupaten grobogan, jawa tengah

harga tiket masuk ke candi surowono

Untuk bisa memasuki area objek dari wisata Candi Surowono ini maka anda pun tidak akan di pungut biaya sepeserpun , kecuali adanya sumbangan sukarela yang digunakan sbagai perawatan dari candi surowono ini sendiri dan jugaa pastinya kebersihan dan juga biaya keamanan , dan pengunjung yang datang ke candi ini sebelumnya juga akan disuruh mengisi buku tamu oleh orang yang mrupakan juru kunci candi surowono.

kuliner yang ada di candi surowono

nah untuk kuliner di area candi surowono ini sangatlah standart nya sebagaimana tempat wisata yaitu ada bakso , lalu ada juga nasi goreng , nah perlu anda ketahui Kediri ini memiliki banyak sekali makanan khas yang sangat memanjakan lidah anda , jadi jika anda ingin menikmati sajian kuliner yang berbeda maka anda pun harus menuju k pusat kota terlebih dahulu , setelah itu anda bisa memilih makanan khas apa yang perlu anda cicipi pertama kali , namun disini ternyata juga ada yang paling terkenal yaitu Soto kediri , soto juga merupakan hidangan makanan yang sangat umum yang ada di berbagai daerah . nahh Soto Kediri ini juga seperti soto ayam yang pada umumnya dijual di berbagai daerah , namun yang membedakannya adalah soto ini mempunyai cita rasa yang sangat gurih , nikmat dan juga sedap yang tidak bisa anda temui pada soto-soto yang lainnya . Perbedaan lain dari Soto Kediri ini dengan soto ayam yang lainnya adalah pada kuah soto khas Kediri ini diberi santan sehingga rasa soto ini juga menjadi semakin gurih dan juga sangatlah nikmat.

tempat wisata menarik lainnya :  rute alamat dan asal usul masjid kapal di ngaliyan semarang

hotel dan penginapan terdekat di candi surowono

untuk hotel maupun penginapan maka andapun tak perlu khawatir karena sudah ada hotel yang cukup memadai tentunya bagi anda dan juga keluarga menginap , nah hotel ini bernama hotel surya Kediri , untuk mencapainya hanya sekitar 15 menit dari tempat wisata candi surowono tersebut , nah di hotel surya Kediri ini juga sudah lengkap termasuk yaitu pendingin ruangan AC , lalu ada juga kamar mandi yang memiliki pemanas air , dan juga ada televisi yang digunakan anda sebagai hiburan supaya tidak bosan , nah untuk tarif nya sendiri mulai 200 ribu anda sudah bisa menikmati hotel dan juga sarapan pagi yang sangat layak untuk anda singgahi sementara bersama dengan keluarga anada

denah lokasi kolam renang surowono mulai letak posisi smp n1 plemahan - lokasi goa pare jo - gambar candi surowono - candi surowono kediri jawa timur - pantai surowono - masjit diatas kolam surowono canggu pare kediri - candi surowono canggu kediri jawa timur - candi surowono pare - sketsa candi surowono sederhana - candi di pare kediri lokasi -