9 kuliner makanan dan minuman tradisional khas jepara

Kota Jepara ini juga dikenal sebagai kota ukir , meskipun kota ini juga dianggap sebagai kota  kecil namun kota ini ternyata memiliki keanekaragaman makanan yang sangat khas dan tentu saja juga cukup lengkap. Mulai dari makanan ringan hingga kuliner yang sangat khas dari masyarakat Jepara. Bahkan jika anda sedang berada di sini maka anda pun tidak akan sulit untuk mencari makanan yang berasak dari Eropa.Karena sampai saat ini Kota Jepara ini juga terdapat beberapa resto atau pun yang berbentuk cafe yang tentu saja menyediakan menu ala Eropa maupun yang dari Mancanegara lainnya yaitu seperti masakan yang sangat khas  dari China , lalu bisa juga dari Thailand, Jepang dan anda pun dapat memilih sesuai keinginan .

nah berikut ini merupakan bebrapa makanan yang sangat khas dari kota Jepara . diantaranya adalah

Pindang Serani ikan kakap khas jepara

Pindang serani ini merupakan salah satu makanan yang menjadi khas oleh orang Jepara ,  bahan utama dari pembuatan pindang serani ini adalah ikan laut yang sudah diolah menjadi sup yang sangat lah enak. Pindang serani juga memiliki perpaduan dari rasa nikmat yang tiada duanya , yaitu memiliki citarasa yang sangat pedas , namun memiliki rasa manis dan asem yang bercampur menjadi satu .

Hidangan menu seperti yang satu ini lebih nikamat disantap pada pagi hari , apalagi pada saat hangat dan juga ditemani dengan secangkir teh atau bisa juga dengan kopi panas. tentu saja akan membuat anda semakin menikmati pindang serani ini

Monyos / rondo royal khas jepara

lalu yang kedua ada Monyos , Monyos atau yang sering dikenal sebagai nama rondo royal ini ternyata merupakan jajanan khas dari Kota Jepara. Bahan utama untuk pembuatan dari monyos ini adalah tepung beras yang didalamnya diisi dengan tape lalu kemudian digoreng . Makanan ini juga memiliki rasa yang sangat unik yaitu antara asin , lalu asem dan juga manis bercampur menjadi satu . Rondo royal ini juga sangat nikmat kalau disajikan tentu saja dalam keadaan masih hangat dan juga ditemani dengan secangkir teh ,  karena citarasanya akan bisa sangat terasa nikmat kalau ada memakannya sambil ditemani oleh secangkir teh hangat .

Minuman khas jepara Adon – Adon Coro

Adon-adon coro ini merupakan sebuah minuman tradisional khas yang ternyata dibuat dengan menggabungkan dari bahan-bahan alami yaitu seperti jahe , lalu ada juga santan, gula merah, serta beberapa potongan dari kelapa yang sudah dibakar dan terakhir di beri rempah-rempah . minuman ini rasanya pun juga sangat manis dan ada sedikit kombinasi rasa pedas dengan tambahan aroma jahe yang serta ditambah lagi dengan rempah-rempah tentu saja akan terasa lebih nikmat. Minuman ini pastinya sangat cocok untuk menghangatkan badan anda yang sedang mengalami kedinginan yang juga sangat membutuhkan kehangatan . dngan minum ini maka anda dijamin tidak akan kedinginan lagi , minuman ini sudah lama turun temurun dari leluhur rakyat jepara , sehingga jika anda ingin mencoba citarasa minuman tradisional dari masyarakat jepara pada zaman dahulu maka tidak ada salahnya mencoba minuman ini

Jajanan Horok horok kuliner khas jepara

Horok-horok ini merupakan makanan tradisional khas dari Kota Jepara yang terbuat dari tepung dan gula aren. Bentuk makanan yang satu ini juga memiliki tekstur sangat unik , hal tersebut karena makanan ini juga menyerupai butiran-butiran kecil yang juga mirip seperti telur ikan. Namun makanan yang satu ini pun memiliki rasa yang sangat gurih dan juga kenyal. Bahkan dalam  pembuatan makanan yang satu ini bisa dibilang cukup rumit , dan jika membuatnya maka akan memerlukan waktu yang sangat lama, yaitu kurang lebih sekitar 2 hari. Pertama-tama tepung aren tersebut dicuci terlebih dahulu sampai bersih , kemudian setelah dicuci baru dikeringkan , dan setelah itu tepung ini di sangrai terlebih dahulu . dan tepung yang sudah kering tersebut setelah itu dikukus. Ketika sedang masak kemudian langsung dituangkan dalam tempayan, lalu pelan pelan diaduk menggunakan serok . nah , untuk bumbu dari makanan yang satu ini, maka anda pun bisa menambahkan dengan sedikit garam yodium .Horok-horok ini juga sangat cocok dan bisa dimakan sebagai campuran dari makanan lain yaitu seperti  bakso, lalu ada juga pecel, bisa juga dengan gado-gado dan sate kikil . Tentu saja makanan yang satu ini bisa anda campurkan di berbagai makanan, asalkan juga cocok buat anda .

Blenyik olahan ikan teri basah khas jepara

Blenyik ini merupakan makanan yang sangat khas di kota jepara , karena makanan ini belum ada di kota kota lain , hanya berada di sekitaran jawa tengah saja , makanan satu ini merupakan ikan kecil mentah yang sebelumnya juga sudah dikeringkan dan bentuknya dibuat menggumpal dan bisa dikatakan juga seperti gorengan yang bernama bakwan. Ikan kering ini tentu saja bisa anda olah dengan berbagai cara , yaitu dengan cara ditumis, dikukus ataupun juga bisa anda olah tanpa menggunakan santan. Makanan yang satu ini tentunya memiliki citarasa yang sangat mantap , dan pada saat musim penghujan datang (ataupu sudah musim hujan), menikmati blenyik ini apalagi makanan yang satu ini tentu saja esangat enak bila disajikan dengan hangat dan ditambah lagi dengan sepiring nasi yang juga masih hangat akan menjadi pengalaman makan yang sangat nikmat tentunya .

dan selain semua makanan dan kuliner khas jepara di atas , ternyata jepara juga kaya akan wisata alam terutama wisata pantai di jepara yang sangat indah