sejarah obyek wisata museum benteng vredeburg jogja

Jika anda sedang belanja atau sekedar jalan jalan di Jalan Malioboro , maka jangan lewatkan juga tempat yang satu ini , tempat ini juga merupakan salah satu tempat penyimpanan benda benda peninggalan sejarah yang ada Jogjakarta , tempat ini bernama Museum Vredeburg , museum ini tidak jauh dari area jalan Malioboro , gedung yang bersejarah ini terletak di depan Gedung Agung  dan Istana Sultan Jogjakarta Hadiningrat yang sering juga disebut Keraton

Sejarah  museum benteng vredeburg

Bangunan yang terletak di ujung Jalan Malioboro ini merupakan salah satu saksi dari perjalanan sejarah perjuangan rakyat Yogyakarta menentang kolonialisme pada zaman Belanda. Benteng ini dulunya dibangun oleh pemerintah Belanda yang digunakan untuk melindungi rumah Residen Belanda yang sekarang ini menjadi Gedung Agung dan juga dulunya benteng tersebut juga di buat melindungi untuk pemukiman orang-orang Belanda dari serangan meriam yang merupakan milik dari Keraton Yogyakarta. Sebelum tempat ini dibangun menjadi benteng, tepatnya di tahun 1761 tempat ini merupakan parit perlindungan atau lebih dikenla dengan nama bunker bagi tentara Belanda atau sering disebut dengan nama Rusten Burg.

Benteng Vredeburg ini didirikan di tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I , tempat tersebut atas permintaan pemerintah Belanda kala itu . Maksud Belanda adalah untuk menjaga keamanan di kediaman Sultan Yogyakarta. Dan menurut informasi yang di dapat dari pihak penerangan Museum mengenai fungsi dan awal kegunaan Benteng Vredeburg ini di bangun ialah supaya pihak Belanda juga dapat dengan mudah memantau gerak-gerik Sultan. Karena pada waktu itu di dalam Benteng Belanda juga ada meriam yang sudah mengarah ke Kraton Yogyakarta.

tempat wisata menarik lainnya :  sejarah dan wisata keraton yogyakarta

Meriam tersebut memang digunakan untuk berjaga-jaga jika suatu saat Sultan serta ratusan prajuritnya sewaktu-waktu melakukan pemberontakan terhadap pemerintah kolonial. jarak antara Keraton Yogyakarta sampai Benteng Vredeburg hanya berjarak sepelemparan meriam, yang tentunya akan sangat memudahkan bagi pihak Belanda untuk melakukan perlawanan pada waktu itu.

Bentuk awal bangunan Benteng Vrederburg pada saat itu sangat sederhana sekali , hanya berbentuk bujur sangkar dengan tempat penjagaan di setiap sudut. masing-masing , stiap sudut tempat penjagaan tersebut bernama Jayawisesa (barat laut), Jayapurusa (timur laut), Jayaprakosaningprang (barat daya), Jayaprayitna (tenggara).

sejarah museum benteng vredeburg

Dalam perjalanan sejarah yang dimilikinya, benteng ini sangat sering dijadikan tempat penahanan bagi pemimpin-pemimpin Yogyakarta yang membangkang dan memberontak terhadap aturan pemerintah kolonial Belanda sebelum akhirnya juga dibuang ke luar Pulau Jawa. Di tempat ini pula seorang priaa berkebangsaan Belanda yang masih kerabat Sultan yang bernama Danurejo IV tengah merancang taktik jitu untuk menangkap Pangeran Diponegoro, yang disinyalir merupakan putra tertua dari Sultan Hamengku Buwono III yang telah berani menentang Belanda.

Pada jaman pemerintahan Gubernur Belanda W.H Ossenberg, bangunan yang membentengi meriam belanda ini diusulkan agar dibuat pemanen saja, dengan alasan agar keamanan lebih terjamin. Maka dimulailah pembangunan serta penyempurnaan benteng yang ternyata sudah memakan waktu yang tidak sedikit juga , yaitu disempurnakan mulaidari tahun 1769 dan selesai sampai dengan tahun 1787. Setelah selesai dan juga disempurnakan, benteng ini diberinama Rustenburg yang dalam bahasa belanda memiliki arti “benteng peristirahatan”.

tempat wisata menarik lainnya :  rute jalan menuju small world purwokerto obyek wisata edukasi baru di purwokerto

proses pengerjaaan benteng yang telah memakan waktu cukup lama ini pada waktu itu dikarenakan Sultan sedang sibuk dengan pembangunan Keraton Yogyakarta yang dikerjakan pada tahun 1775, dan Sultan HB I sendirilah yang menjadi arsiteknya, maka dari itu pembangunan benteng tersebut menjadi lama sekali. Pembangunan Keraton Yogyakarta tidaklah lepas dari sebuah peristiwa pemisahan dari Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta yang saat itu diperintah oleh Sunan Pakubuwono III dan Kesultanan Ngayogyakarta yang diperintah oleh Pangeran mangkubumi, akibat dari Perjanjian Giyanti pada tahun 1755..

Rustenburg yang dulunya sempat dijadikan sebagai markas pertahanan pasukan VOC ini mengalami kerusakan berat ketika kota Yogyakarta dilanda gempa besar pada tahun 1867. Setelah dilakukan renovasi perbaikan benteng, Rustenburg diberi nama baru, yaitu “Vredeburg” yang berarti “benteng perdamaian”.

museum benteng vredeburg

Lokasi dan alamat museum benteng vredeburg

lokasi benteng vredeburg ini tepatnya terletak di Jl. Ahmad Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122, Indonesia adapun GPS dan peta sebagai berikut @-7.8002546,110.3643605

peta map lokasi museum benteng vredeburg

rute perjalanan menuju museum benteng vredeburg

jika anda dari magelang , rute perjalanan menuju ke benteng vredeburg sangatlah mudah karena tempat tersebut ada di dekat jalan malioboro , yaitu dimulai dari jalan tidar selatan, lalu dilanjut ke jalan sinduadi , ikutti terus sampai ke jalan magelang – Jogjakarta , setelah itu ambil jalan menuju jalan ahmad yani  di Jogjakarta , sampailah di jalan malioboro , dan museum benteng vredeburg ada di dekat area jalan malioboro

tempat wisata menarik lainnya :  wisata edukasi taman pintar yogyakarta

harga tiket masuk ke museum benteng vredeburg

harga tiket masuk ke benteng vredeburg cukuplah terjangkau , untuk wisatawan domestik , pengunjung dikenakan tarif Rp 2.000 untuk orang dewasa , dan Rp 1.000 untuk anak anak , sedangkan untuk wisatawan dari mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang nya .

kuliner yang ada di museum benteng vredeburg

kuliner yang ada di sekitar museum vrdeburg sangatlah beragam , warung warung kuliner tersebut juga berada di tepi jalan malioboro , mulai dari ayam goreng , bebek goreng , serta nasi gudeng yang sangat legendaries di kota tersebut ada dan siap untuk dikunjungi kapanpun tentunya dengan harga yang terjangkau.

Hotel terdekat di museum benteng vredeburg

ada banyak sekali hotel di sekitaran museum ini yang menawarkan yang bersaing , sebagai contoh , hotel jentra dagen malioboro , hotel ini berada hanya sekitar 700 meter dari benteng vredeburg menawarkan kenyamanan dengan harga yang relative yaitu mulai Rp 308.000 per malamnya , adapun jika ingin yag lebih eksklusif lagi , ada hotel melia purwosari yag hanya berjarak 500 meter dengan kisaran harga mulai 700ribuan permalamnya .

Museum Benteng Vredeburg Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 - Museum Benteng Vredeburg - sejarah meriam di benteng vredeburg - foto Benteng Vredeburg - letak dan lokasi benteng vredeburg - benteng vredeburgh maps - Museum Benteng Vredeburg Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 2017 - benteng vredeburg terletak dikota - Museum benteng vredeburg sebagai bukti sejarah perjalanan rakyat yogyakarta - museum vredeburg -