sejarah dan wisata keraton yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau sering juga di sebut keraton jogja merupakan istana resmi dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang ada dan berlokasi tepat di jantung kota Yogyakarta. Walaupun kesultanan Ngayogyakarto sidah secara resmi bergabung ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia  pada tahun 1950, namun di komplek keratin Ngayogyakarta ini masih tetap berfungsi sebagai rumah/tempat tinggal sultan dan di dalam rumah tangga istananya sampai saat masih menjalankan tradisi kerajaan kesultanan . Kraton Mgayogyakarta ini kini juga merupakan salah satu objek wisata yang favorit dan paling sering dikunjungi para wisatawan saat berkunjung di kota Jogja. Sebagian besar kompleks kraton juga merupakan museum yang menyimpan berbagai macam koleksi benda benda kuno milik kesultanan, juga termasuk berbagai pemberian yang diberikabn oleh raja-raja Eropa, pada replika pusaka keraton,terdapat sebuah kereta kencana dan alat musik gamelan. Dari segi bangunannya sendiri, di keraton ini merupakan salah satu contoh bangunan arsitektur istana Jawa yang mempunyai kualitas terbaik, memiliki beberapa balairung mewah, lapangan serta paviliun yang lumayan luas.

keraton yogyakarta

sejarah keraton yogyakarta

Kraton Yogyakarta ini didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Lokasi keraton ini konon katanya dulunya merupakan bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini juga digunakan untuk tempat istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram yang saat itu akan dikebumikan di daerah Imogiri..
Dan ada juga alun-alun Kidul , alun alun tersebut merupakan alun-alun di bagian Selatan Keraton jogjakarta. Alun-alun Kidul juga sering disebut sebagai Pengkeran. Pengkeran itu sediri berasal dari kata pengker atau bentuk bahasa karma/ bahasa jawa halus dari mburi (yang dalam bahasa indonesia berarti “belakang” ).

saat ini kraton ngayogyakarta banyak dikunjungi oleh wisatawan local maupun asing yang ingin mengetahui sejarah karena di tempat ini kita dapat melihat barang yang sangat bersejarah dan merupakan koleksi asli dari keraton Yogyakarta, seperti kereta kencana para raja Yogyakarta pada zaman dahulu, koleksi lukisan lukisan bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi, dan benda benda pusaka seperti keris, tombak dilengkapi dengan nama-namanya, perangkat musik seperti gamelan dan gong.

Dan disini juga anda bisa puas berfoto ria dengan background benda-benda koleksi keraton Yogyakarta yang terdapat di dalam museum dan tentunya tidak bisa orang lain dapatkan di tempat tempat lainnya . untuk dapat mengambil foto di lingkungan keraton sepuasnya, Anda harus membayar tiket izin/ charge untuk mengambil gambar di sekitaran istana seharga Rp.1000,-. Sangat murah sekali bagi wisatawan yang hobi berfoto foto di area museum.

Selain pengunjung dapat melihat langsung bagaimana para abdi dalem di keraton Yogyakarta menyambut para pengunjung dengan ber busana ala adat Keraton Jogja, Anda pun juga bisa melihat pagelaran pentas seni tradisional yang selalu digelar setiap hari untuk para wisatawan.

keraton jogja

lokasi alamat keraton yogyakarta

museum ngayogyakarta ini berlokasi di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia atau pada titik GPS @-7.8052792,110.3620144

 

rute ke keraton jogja

rute menuju keraton Jogjakarta tidaklah sulit karena terletak di jantung kota Yogyakarta , dan jika anda berangkat dari magelang  berawal dari jalan tentara pelajar , setelah itu masuk ke jalan letjen suprapto , lurus terus sampai bertemu cavinton hotel Yogyakarta yang berada di jalan KH Wahid Hasyim , setelah itu belok kiri ke jalan Agus Salim, lurus terus kea rah jalan kauman , dan setlah lurus , belok kanan kea rah jalan alun alun utara setealh sebelumnya melewati puri batik di kiri jalan, belok kiri lalu ikuti saja jalan alun alu utara sampai bertemu pintu masuk di kawasan keratin ngayogyakarta hadiningrat .

harga tiket masuk ke museum keraton yogyakarta

keraton Yogyakarta dibuka untuk umum dan untuk jadwal buka setiap hari dari jam 08.00 hingga pukul 14.00 wib. tetapi khusus untuk hari Jum’at, wisata kraton Jogja ini hanya dibuka dari jam 08.00 wib sampai 12.00 wib. Ada pun harga tiket masuknya adalah sebesar Rp.7.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500,- untuk wisatawan manca negara. Merupakan harga yangat terjangkau mengingat di tempat tersebut banyak benda benda bersejarah yang tidak ternilai harganya .

kuliner khas yogyakarta

Seperti pada umumnya tempat wisata , terdapat banyak sekaliwarung makan dan angkringan khas jogja yang bisa Anda jumpai di sekitar objek wisata sejarah Kraton Yogyakarta. Dan di saat malam hari, Anda bisa berjalan jalan ke jalan Malioboro yang merupakan jalan paling terkenal di Jogjakarta karena ditempat tersebut ada ribuan macam pernak pernik dan merchandise asli jogja yang bisa anda beli dengan harga terjangkau dan disitu bisa leluasa menikmati makanan ikonik yang merupakan makanan khas Jogja yaitu Gudeg yang banyak dijual di warung-warung sepanjang jalan malioboro , dan sangat banyak pedagang kaki lima yang membuka lapaknya di jalan tersebut

hotel dekat keraton yogyakarta

Hotel terdekat di wisata keratin ngayogyakarta sangat banyak , dari mulai penginapan homestay ataupun hotel yang juga terletak tidak jauh dari Kraton Yogyakarta, sebut saja diantaranya ada Alkid Homestay dan Griya Patehan Guest House yang hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari Kraton Yogyakarta, merupakan penginapa yang terjangkau dan nyaman , jika anda mnginginkan kenyaman lebih baik , Anda juga dapat menginap di hotel berbintang yang sekali lagi juga terletak di sepanjang jalan Malioboro. Jadi untuk masalah penginapan, Anda tidak perlu khawatir jika ingin memilih penginapan yang nyaman dikota Jogjakarta ini