kebun binatang gembira loka jogja

Kebun binatang merupakan tempat wisata yang edukatif karena disana kita dapat informasi tentang satwa yang ada di Indonesia , sekaligus menjadi tempat untuk melestarikan satwa satwa tersebut karena biasanya satwa yang ada di kebun binatang merupakan satwa yang terancam punah . Di yogyakarta terdapat kebun binatang yang sudah ada sejak lama , yaitu kebun binatang Gembira loka yang sangat terkenal , dan menjadi tempat wisata wajib bagis sekolah y6ang ada di sekitar wilayah kota kota

kebun binatang gembira loka

Sejarah gembira loka

pembangunan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka berasal dari ide dan keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933, yang saat itu haus akan sebuah tempat hiburan, yang di kemudian pertama kali dinamakan dengan nama Kebun Rojo. Namun Ide tersebut baru direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada masa kepemimpinannya , pembangunan tersebut dilakukan dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitek yang sangat ahli dalam permasalahan bangunan , dia merupakan pria berkebangsaan Belanda. Ir. Karsten kemudian memilih lokasi disebelah barat sungai Winongo, karena menurutny dianggap sebagai tempat paling ideal untuk pembangunan Kebun Rojo saat itu. Namun akibat dampak dari ganasnya Perang Dunia II dan juga ambil alih kependudukan oleh Jepang, pembangunan yang ada pada Kebun Rojo tersebut terhenti.
Pada saat tahun 1949 , dan juga setelah selesainya Perang Dunia II, tercetuslah lagi sebuah ide untuk memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat dan warga Yogyakarta yang berupa sebuah tempat hiburan edukatif dari pemerintah pusat yang pada pembangunannya dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH. Dan akhirnya ide tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Yogyakarta, akan tetapi pada realisasinya masih belum bias dirasakan oleh masyarakat.Hingga pada tahun 1953, lalu setelah berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta (sesuai akta notaris RM. Wiranto No. 11 tanggal 10 September 1953)yang oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII menjadi ketua pada yayasan tersebut, maka pembangunan yang sebelumnya terhenti di Kebun Rojo baru benar-benar dapat direalisasikan.
Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk satu orang yaitu Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan di kebun binatang Gembira Loka yang sebelumnya sudah dilakukan namun sempat terhenti . Dipilihnya Tirtowinoto karena yang dia dinilai memiliki kecintaan dan kepedulian yang amat tinggi terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka.
Ternyata dalam prakteknya , sumbangsih Tirtowinoto yang tidak sedikit, baik dalam hal pemikiran maupun bahan material, dia terbukti mampu membawa kemajuan yang sangat pesat bagi perkembangan kebun binatang Gembira Loka. Puncak nya ada di tahun 1978, ketika koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini semakin lengkap, sehingga pada pembukaan pertama dan hari hari setelahnya pengunjung yang dating ke Gembira Loka mampu mencapai 1,5 juta orang , merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi warga jogja memiliki kebun binatang sebagai tempat hiburan di darahnya .

penguin-gembira-loka

gajah-gembira-loka

lokasi dan alamat gembira loka

lokasi dan alamat dari kebun binatang gembira loka berada tepatnya di Jl. Kebun Raya No. 2, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
berikut titik GPS dan peta lokasi @-7.8049212,110.3981727

rute perjalanan menuju gembira loka

Jalan menuju kebun binatang Gembira Loka dapat mudah diakses dengan kendaraan umum maupun kendaraa pribadi. Anda bisa menuju kesana menggunakan bis TransJogja yang berangkat dari terminal Giwangan dengan memakan waktu hanya sekitar 20 menit. Dan jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, mnuju kesana pun akan lebih mudah jika Anda melalui jalan ring road timur lalu berbelok ke arah barat ikuti terus jalannya lalu ambil arah yang memasuki jalan Wonocatur hingga Anda melihat ada jembatan, nah di sebelah situlah kebun binatang Gembira Loka.
Jika Anda dari jalan Malioboro, ambil jalan ke arah timur dari perempatan Malioboro yang ada di depan kantor pos Indonesia dan berjalanlah lurus ikuti jalan yang jaraknya kurang lebih 6 km. Jika anda sudah menemukan jembatan penyebrangan maka Anda akan mendapatkan papan penunuk arah ke Gembira Loka di sebelah selatan jalan.tersebut.

harga tiket masuk gembira loka

Kebun binatang Gembira Loka ini selalu buka untuk umum dan setiap harinya buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 wib. Harga tiket masuk ke kebun binatang ini berbeda jika pada hari Senin-Jumat tariff yang dikenakan adalah sebesar Rp.20.000,-. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu maupun pada hari libur nasional, dan libur sekolah tarif yang di kenakan sebesar Rp.25.000,- , tiket tersebut belum termasuk parkir , untuk motor Rp 3.000 dan untuk mobil Rp 5.000
kuliner yang ada di dekat gembira loka
banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya di area tersebut , mulai dari pernak pernik seputar gembira loka , maupun makanan seperti mie ayam , bakso , soto ,serta makanan lain yang juga dapat dinikmati sebelum atau sesudah berjalan jalan mengelilingi area kebun binatang gembira loka, tentunya dengan harga sangat terjangkau

hotel terdekat dengan kebun binatang gembira loka

hotel yang ada di sekitar kebun binatang binatang gembira loka tersebut sangat lah banyak , karena tempat tersebut sangat ramai , apalagi saat libur sekolah , beberapa hotel yang ada disekitarnya adalah wijaya imperial hotel yang dimulai dengan harga 320.000 permalamnya ,dan yang juga terkenal adalah favehotel kusuma Negara , hotel ini memiliki fasilitas yang nyaman dan sangat terjangkau yaitu mulai dari 350.000 sudah bis menginap semalam .