sejarah dan legenda pantai jumiang pamekasan madura

Provinsi Jawa Timur memang benar – benar memiliki banyak sekali potensi yang sangat menjanjikan. Pantai Jumiang ini lah salah satunya . Pantai yang terletak dan berada di Desa Tanjung , berada di Kecamatan Pademawu , dan masih berada di wilayah Kabupaten Pamekasan ini berjarak sekitar 12 Km di arah Tenggara dari pusat Kota Pamekasan.


Akses jalan yang dimiliki pantai ini pun juga sudah cukup bagus , maka untuk menuju ke pantai ini dapat ditempuh dengan beberapa jenis sarana transportasi mulai dari transportasi umum maupun dengan menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih mudah lagi menuju ke pantai ini . Pantai Jumiang ini sangatlah berbeda dengan beberapa pantai yang juga terletak di Pamekasan lainnya , karena pantai ini ternyata juga terletak di dataran tinggi dan memiliki kontur yang bertebing.

Meskipun pantai yang bernama jumiang ini juga belum tersentuh oleh pembangunan pemerintah yang sifatnya massif, namun Pantai Jumiang saat ini merupakan salah satu dari pantai wisata yang berada di Pamekasan yang menyajikan banyak sekali dan juga berbagai macam keindahan alam yang dimilikinya . disini pun juga bisa digunakan untuk menikmati sunrise dari pantai ini , tentunya memberi sensasi tersendiri bagi para wisatawan yang khususnya pemburu sekaligus juga penikmat fenomena matahari tenggelam .

Selain itu pula , gugusan yang terdiri dari tebing dan juga karang ini menyajikan pemandangan dan ke eksotisannya tersendiri. Debur ombak yang menerobos langsung tepat berada di sela-sela karang ini seakan – akan menciptakan sensasi pengalaman wisata air yang sangatlah indah. Seolah olah , waktu ini enggan beranjak pada saat kita mengunjungi pantai Jumiang ini .


Kelak Potensi yang banyak disimpan dari Wisata ini juga harus dibangun dan pastinya dikelola dengan baik lagi oleh pemerintah yang ada di pamekasan iniagar wisata ini juga bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah dan tidak hanya itu saja , namun sekaligus juga dapat menyejahterakan ekonomi dari masyarakat yang ada di sekitarnya .

lokasi dan alamat Pantai Jumiang

Pantai Jumiang ini beerlokasi di Jl. Pantai Jumiang, Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323, Indonesia@-7.229007,113.5324135

rute jalan menuju ke Pantai Jumiang

Untuk mencapai lokasi dari pantai jumiang ini maka anda pun bisa melakukan perjalanan dari Pamekasan hingga menuju kearah timur sampai anda menemui sebuah gapura di Desa yang bernama Cem Manis atau yang juga berarti Asam Manis jika di artikan dalam bahasa indonesia , dari situ maka anda pun harus belok ke kanan dan anda juga harus terus melaju sampai ke perempatan jalan yang menurut sebagian dari penduduk lokal juga disebut dengan nama ” Masjid Sotok ” , nah Dari Masjid Sotok ini pun anda harus tetap lurus sampai ada pertigaan yang bertuliskan ” Pantai Jumiang 9km ” , setelah itu anda langsung belok ke kanan dan bisa lurus saja sampai ke Desa yang bernama Tanjung . Nah di Desa inilah anda sudah sampai ke gerbang masuk Pantai Jumiang . lalu selanjutnya anda harus belok kiri dan dilanjut dengan jalan lurus sekitar kurang lebih 2 Km maka sampailah anda di lokasi Pantai Jumiang ini .

harga tiket masuk ke Pantai Jumiang

untuk anda yang berkeinginan untuk mengunjungi pantai ini maka anda tak perlu khawatir karena pantai ini belum terkelola dengan baik dan juga belum ada tarif resmi dari pemerintah setempat , namun untuk para pengunjung yang datang ke pantai ini akan dikenakan tiket dengan tarif seikhlasnya namun masyarakat desa saat ini menerapkan tarif yaitu hany sebesar Rp. 3000 untuk sekali masuk per-orangnya , cukup murah bukan , dengan harga sgitu anda sudah bisa menikmati keindahan dari pantai jumiang

kuliner yang ada di Pantai Jumiang

untuk anda yang gemar dengan kuliner maka harus bersabar dulu karena masih jarang ada warung dan juga pedagang yang menjajakan dagangan mereka disini ,sehingga anda disarankan untuk mmbawa sendiri bekal supaya anda tidak kelaparan dan juga kehausan saat mengunjungi pantai jumiang ini , nah jika anda ingin merasakan makanan khas dari pamekasan , maka anda bisa terlebih dahulu keluar dari pantai ini selanjutnya anda bisa merasakan makanan khas yang dijual banyak di kabupaten pamekasan , salah satunya adalah Soto lorjuk khas pamekasan , soto larjuk ini merupakan soto yang cara penyajiannya dengan dicampur oleh lorjuk namun sebenarnya soto ini pun juga tidak jauh berbeda dengan soto yang ada pada biasanya yaitu penyajian dengan menggunakan lontong , lalu ada juga mihun , atasnya diberi kecambah goreng dan juga rebus , lalu terakhir diberi remasan rempeyek dan ditaburi dengan bawang goreng. akan tetapi yang menjadikan ciri khasnya soto ini adalah di campur lorjuk dengan yang lain adalah berupa buburan dari kerang lorjuk yang lalu disiram dengan kuah yang memiliki citarasa gurih dan juga diberi petis yang terbuat dari kerang lorjuk . pasti sangat nikmat rasanya

hotel dan penginapan terdekat di Pantai Jumiang

nah jika anda berencana untuk menginap di pantai ini maka anda tidak akan menemukan penginapan ataupun sejenis nya , namun anda bisa mndirikan tenda tentunya , namun anda pun tentu tak akan nyaman berekemah jika membawa anak anak , nah anda bisa keluar dari area ini , lalu anda pun bisa mencari penginapan yang juga tidak terlalu jauh dari sini , dan pastinya dengan harga yang tidak menguras kantong anda namun tetap bisa di tempati dengan cukup nyaman