rute jalan dan mitos sejarah asal usul pantai menganti kebumen

kebumen merupakan salah satu kota yang berada di propinsi jawa tengah , kebumen juga menyimpan deretan wisata yang indah , salah satunya adalah pantai menganti kebumen , pantai menganti ini melengkapi jajaran pantai yang ada di sepanjang jogja – purworejo – kebumen.

di bandingkan pantai pantai lainnya , pantai menganti ini tergolong baru dan hanya sedikit saja yang mengetahui keberadaannya kecuali penduduk setempat, keberadaannya yang berada di antara perbukitan kars membuat pantai ini unik dan sangat menawan , dan tak heran jika pantai menganti di juluki hawainya indonesia

sejarah mitos dan asal usul pantai menganti

pantai menganti ini memiliki cerita mitos sejarah atau asal usul , di kisahkan bahwa pada jaman dahulu ada seorang pamglima perang dari kerajaan majapahit melarikan diri ke daerah pesisir selatan Jawadwipa. Hubungannya dengan pujaan hati ternyata tidak mendapat persetujuan dari sang raja.
Mereka kemudian berjanji untuk bertemu di tepi samudra yang memiliki pasir putih nan indah. Sepanjang hari panglima menanti namun sayangnya pujaan hati tak kunjung datang. Panglima terus menanti di atas bukit kapur sambil memandang laut lepas.
Dari penantian itulah kemudian muncul nama Pantai Menganti. Kisah ini menjadi sebuah legenda yang hidup di tengah masyarakat sekitar pantai. Versi lainnya juga membawa cerita lain yang berkembang di masyarakat. Kisah ini menceritakan tentang sebuah persahabatan antara Wali Syekh Maulana Malik Ibrahim (salah satu Wali Songo) dengan Syekh Subakir.
Kedua sahabat tersebut melakukan sebuah perjalanan untuk menyebarkan agama islam. Namun perjalanan ini dilakukan dengan cara terpisah. Mereka berjanji untuk bertemu kembali di pantai ini. Syekh Maulana sampai terlebih dahulu dan menanti sahabatnya. Kemudian mereka bertemu dan melanjutkan perjalanan masing-masing.
Menurut cerita yang beredar Syekh Maulana kembali ke Arab sedangkan Syekh Subakir ke Gunung Tidar Magelang.

letak alamat lokasi pantai menganti kebumen

pantai menganti ini terletak di Jalan Pantai Menganti, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, 54473, Ayah, Jawa Tengah aau bila pada titik peta google map sebagai berikut

rute arah jalan menuju pantai menganti kebumen

sebenarnya ada 2 alternatif jalan menuju pantai ini , namun jalan yang paling mudah di akses adalah melalui Kecamatan Gombong sekitar 45 km atau 1,5 jam perjalanan. Dari pusat Kecamatan Gombong kemudian melewati Pantai Logending ke arah selatan. Rute ini lebih mudah dilalui namun kamu harus menempuh perjalanan yang lebih jauh daripada rute pertama.

hotel dan penginapan di pantai menganti kebumen

untuk yang ingin melihat sunset ataupun sunrise di pantai menganti ini sudah tersedia berbagai penginapan dengan berbagai varian harga namun cukup terjangkau