alamat obyek wisata pantai teleng ria pacitan jawa timur

Pantai Teleng Ria Pacitan merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kota Pacitan atau juga serig disebut juga kota 1001 goa . Sangat disayangkan jika Anda sampai melewatkan objek wisata pantai ini ketika sedang berada di kota Pacitan . Anda tidak hanya mendapati suguhan pemandangan dari pantai yang indah jika dipandang dari perbukitan , pantai Teleng Ria Pacitan ini juga menjadi salah satu tempat bagi para peselancar yang masih berkategori pemula untuk belajar mengarungi ombak Samudera Hindia.

ombak di pantai teleng ria jawa timur
Pantai yang memiliki relief yang relatif cukup landai ini memiliki luas yang bisa dikatakan sebagai pantai yang sangat luas yakni sekitar 40 hektar dengan panjang garis pantai mencapai hingga 2.5 km . Ada sebuah pantai lain yang letaknya bersebelahan langsung dengan pantai Teleng Ria, yaitu pantai Tamperan. keduanya dipisahkan juga oleh sungai Teleng . Pantai Tamperan ini ternyata hanya berfokus pada aktivitas perikanan dan nelayan semata . disinilah Anda dapat menjumpai pelabuhan perikanan yang ada di sana . Melimpahnya hasil perikanan yang ada di pantai Tamperan juga merupakan salah satu hal yang cukup menarik minat bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Teleng Ria . Keberadaan pantai Teleng Ria ini sendiri diapit oleh pegunungan Limo . saat Anda berada di pantai tersebut maka Anda pun juga dapat menyaksikan kemegahan dari tebing-tebing tinggi membentuk pola huruf U yang berdiri tegak mengelilingi pantai , seolah olah sedang melindungi pantai . Ini juga salah satu penyebab mengapa ombak di pantai Teleng Ria Pacitan ini menjadi tidak terlalu besar. Padahal, pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia sangat terkenal dengan keganasan ombaknya.
Jika Anda senang bermain air di tepian pantai hingga berenang di pantai ini, Anda disarankkan untuk berhati-hati mengingat ombak yang tak dapat diduga, meskipun ombak di pantai ini tergolong tidaklah besar. Tetapi jika ombak sudah dianggap cukup besar, biasanya petugas pantai akan meniupkan peluit untuk memperingatkan wisatawan. Pada waktu-waktu tertentu, pantai Teleng Ria juga dapat memiliki ombak yang tinggi dan tentu saja Anda akan dilarang untuk aktivitas berenang di pantai tersebut.

pantai teleng ria pacitan
Satu hal lain yang menarik di pantai Teleng Ria Pacitan ini adalah menyaksikan pemandangan keeksotisan pantai langsung dari perbukitan . Pantai ini memang dikelilingi oleh dua perbukitan. Kombinasi kontur pantai dan pegunungan memang menciptakan pemandangan yang terbilang unik. Dari atas bukit, Anda dapat melihat palung-palung laut membentuk tiga garis lurus berada di tengah laut.
Jika Anda tertarik dengan kegiatan berselancar, maka pantai Teleng Ria adalah salah satu yang paling tepat bagi peselancar pemula. Di pantai tersebut Anda juga dapat menyewa papan selancar yang biayanya sebesar Rp 50 ribu . Ombak di pantai ini tidaklah besar , dengan demikian tepat sebagai tempat belajar surfing untuk para pemula. Selain di Teleng Ria, beberapa tempat belajar surfing di Indonesia di antaranya, misalnya pantai Kuta di Bali dan pantai Pulau Merah di Banyuwangi . Jika Anda belum pernah sama sekali berselancar, Anda juga dapat mengambil kursus singkat di pantai Teleng Ria Pacitan ini, cukup dengan biaya sebesar Rp 20 ribu saja. Setelah berlatih selama dua jam, rasanya mungkin Anda sudah mulai dapat memulai pengalaman berselancar yang sesungguhnya. Cukup seru bukan ?

sunset di pantai teleng ria pacitan jawa timur

lokasi dan alamat pantai teleng ria

Pantai Teleng Ria ini berlokasi di Kawasan Wisata Parai Teleng Ria, Jalan WR. Supratman, Pacitan, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia . berikut titik GPS dan juga peta @-8.2204751,111.0787013

map peta lokasi pantai teleng ria pacitan

rute jalan menuju pantai teleng ria

Pantai Teleng Ria adalah pantai yang paling dekat jaraknya dari pusat kota Pacitan di antara pantai lainnya yang ada di Pacitan. Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk dapat tiba di pantai Teleng Ria ini.

Jika Anda memulai perjalanan dari kota Jogjakarta, maka waktu tempuh perjalanan adalah sekitar 2.5 jam dengan menyusuri jalan di jalur selatan Pulau Jawa melalui Wonosari. Jika Anda dari Solo, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui kota Wonogiri untuk dapat tiba di Pacitan. Sementara bila dari Anda dari kota Surabaya, waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai hingga 6 jam dengan melewati beberapa kota, di antaranya adalah Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ponorogo.

harga tiket masuk pantai teleng ria

untuk masuk ke pantai yang sangat indah dan popular di pacitan ini maka anda harus membeli tiket yang harganya sangat terjangkau , karena anda hanya butuh uang 5 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati keindahan dari pantai ini

kuliner yang ada di pantai teleng ria jawa timur

Jika Anda merasa lapar, Anda dapat menjumpai banyak penjual makanan dan minuman di pantai ini. Jika ingin sesuatu yang unik, Anda dapat mencicipi kuliner khas Pacitan di pantai Teleng Ria ini yang umumnya berbahan dasar ikan tuna yang merupakan cirri khas dari kekayaan laut pacitan , ada tahu tunayang sangat menggugah selera , lalu juga ada abon tuna yang dapat dijadikan sebagai olh oleh untuk kerabat anda .

hotel dan resort di pantai teleng ria pacitan

belum ada hotel maupun penginapan yang ada dipantai ini , namun jika anda ingin menginap di area pantai ini maka anda bisa mendirikan tenda tenda di bibir pantai ini , karena tempat ini juga sering mnjadi camping ground bagi para mahasiswa atau pun sekolah sekolah yang ingin mengadakan kegiatan berkemah