obyek wisata pantai seruni tepus gunung kidul yogyakarta

Pantai Seruni Gunung Kidul merupakan salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang memiliki pesona yang tidak dimiliki pantai lain . Pantai ini memiliki view yang sangat indah dan juga di tambah dengan suara ombak pantai yang memberikan kesan yang romantis bagi setiap pengunjung. Selain itu, di pantai ini, para pengunjung akan mendapatkan suasana yang tenang dan lingkungan yang masih angat alami. Sehingga, sangat cocok untuk bagi anda yang menyukai petulangan . nama Seruni ini ternyata berasal dari nama bunga Seruni atau Chrysanthemun atau Chrysous yang juga berarti emas.

Pantai Seruni Gunung Kidul juga memiliki pemandangan dari pantai yang indah dan menawan. Saat anda tiba di sini, rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan alam atau landscape pesona Pantai Seruni Gunung Kidul yang begitu eksotis. Anda bisa langsung menyusuri bibir pantai dan menginjakkan kaki ke pasir laut yang masih terbilang sangat alami. Selain itu, udara di Pantai Seruni ini masih sangat segar membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. Disini anda juga bisa melakukan kegiatan kecil-kecilan bersama sahabat anda . pantai Seruni ini memang tidak seterkenal pantai Indrayanti, Pantai Kukup, atau Pantai Krakal yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan

pantai seruni gunung kidul yogyakarta
Pantai Seruni Gunung Kidul dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Untuk menuju ke sana, anda bisa menumpuh perjalanan tersebuut dengan berjalan kaki atau dengan menaiki perahu . akan tetapi, kalau sudah menjelang sore hari,disarakan jangan menaiki perahu karena air laut sudah mulai pasang dan juga agak berbahaya. Walaupun anda diharuskan berjalan kaki untuk menuju Pantai Seruni Gunung Kidul ini, anda bisa membawa mobil atau motor dan memarkirkannya di tempat terdekat sebelum akhirnya berjalan kaki .
Kebersihan yang ada Pantai Seruni Gunung Kidul masih tetap terjaga sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang memang sengaja datang untuk menghabiskan waktu di sini. Anda juga bisa melakukan kegiatan camping dan memancing ikan di area pantai selama berwisata di Pantai Seruni. Di atas tebing yang berada sebelah timur , pengunjung akan menemukan sumber air tawar yang akan mengalir tanpa berhenti. Sebagiannya mengalir ke bawah dan menjadi air terjun kecil yang elok dan menarik. Sumber air ini sudah dilengkapi dengan bak penampungan yang dibuat oleh inisiatif warga dengan dilengkapi pipa pancuran sehingga para pengunjung tidak perlu kesulitan ketika ingin berbilas ataupun mencuci peralatan yang dibawa. Anda tak perlu khawatir saat tiba di pantai Seruni ini karena pantainya masih sangat alami di mana kebersihannya masih amat terjaga.
Keberadaan dari Pantai Seruni yang ada di Gunung Kidul ini memang tidak seterkenal pantai-pantai lainnya . Akan tetapi , sebuah keindahan yang disuguhkan di pantai ini tidak perlu diragukan, bahkan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang sudah lebih dikenal namanya. Pantai seruni memiliki karang-karang yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai saat air laut masih surut .

pantai seruni gunung kidul

Lokasi dan alamat letak pantai seruni gunung kidul yogyakarta

Pantai Seruni ini berlokasi di Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia @-8.159907,110.6293865 . Berikut titik GPS dan peta ,

peta map lokasi pantai seruni yogyakarta

rute jalan menuju ke pantai seruni gunung kidul yogyakarta

Pantai seruni ini dekat dan se jalur dengan pantai pok tunggal , Jika anda berada di Jogjakarta anda hanya tinggal mengikuti jalan menuju wilayah Wonosari , dan ketika anda sudah sampai di daerah Wonosari maka silahkan ikuti jalan menuju Pantai Baron. Sesampainya di gerbang masuk pantai-pantai, Anda belok kiri menuju deretan pantai-pantai tengah. Jarak Pantai Pok Tunggal dari jalan raya sekitar 1 km , dan setelah anda sampai Pantai Pok Tunggal maka anda di haruskan jalan sekitar 10 menit utk sampai di Pantai Seruni

pantai seruni yogyakarta

harga tiket masuk pantai seruni gunung kidul yogyakarta

Ketika memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul , maka anda akan dikenakan biaya retribusi 10.000,- per orang. Dengan retribusi tersebut kita bisa menikmati beberapa pantai sekaligus, khususnya yang berada dalam satu jangkauan. Di antaranya, pantai Krakal, Kukup, Baron, Drini, Pulang syawal (lebih dikenal dengan nama pantai Indrayanti), Sepanjang dan Pok Tunggal.
Selain retribusi, biaya lain yang di keluarkan ialah biaya parkir di masing – masing pantai. Tarif cukup terjangkau yakni Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil

Kuliner di pantai seruni gunung kidul yogyakarta

Di Pantai Seruni ini , belum ada satu pun warung atau pun pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar pantai ini, maka sangat disarankan bagi anda yang hendak mengunjungi pantai ini untuk membawa bekal makanan dan minuman secukupnya , namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di pantai ini , supaya pantai seruni ini teap indah dan tidak ada sampah sampah yang berserakan , kita harus menjadi traveler yang cerdas bukan ?

hotel dan penginapan dekat di Pantai Seruni gunung kidul yogyakarta

Dikarenakan tempat ini belum memiliki fasiiltas yang memadai , maka belum ada hotel atau penginapan yang ada di sekitar sini , namun jika anda ingin menginap dan bermalam di bibir pantai ini, anda bisa ber kemah mendirikan tenda , sembari menikmati pemandangan yang indah yang di miliki oleh pantai seruni ini, dan pantai ini juga sangat sepi pengunjung , jadi sangat pas jika anda sedang mencari ketenangan dari kebisingan kota .