obyek wisata pantai popoh indah tulungagung jawa timur

Salah satu wisata pantai di Jawa Timur yang terkenal adalah Pantai Popoh Tulungagung. Pantai yang terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota di Kabupaten Tulungagung ini ternyata juga menyimpan pesona keindahan laut yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang sudah terkenal di Pulau Jawa .Jika Anda dan keluarga atau pun saudara ingin mengunjungi Pantai Popoh yang cukup eksotis ini, maka Anda dapat meluangkan waktu selama kurang lebih 2 – 3 hari untuk dapat menikmati pesona indah dan kenikmatan wisata di sana sampai benar benar puas karena sebagian dari kalangan penikmat perjalanan mengaku kurang puas jika hanya menghabiskan waktu sehari saja pada saat datang ke kawasan wisata Pantai Popoh di Tulungagung ini.
Pantai Popoh Tulungagung ini begitu populer karena menyuguhkan pemandangan laut lepas yang begitu indah. Eksotisme yang di tawarkan pantai ini akan memanjakan mata anda dengan gulungan ombak yang terbilang besar dapat Anda nikmati dari atas bukit.

pantai popoh tulungagung jawa timur
Untuk mencapai puncak dari bukit ini maka Anda harus memiliki stamina yang cukup kuat dan juga badan yang fit untuk dapat mendaki anak tangga yang cukup panjang ke atas . Tetapi setibanya anda di atas bukit , rasa lelah Anda setelah mendaki anak tangga yang cukup melelahkan tersebuk akan terbayarkan dengan menikmati indahnya sunset di Pantai Popoh Tulungagung.
Dan dari atas bukit ini pula Anda dapat menyaksikan beberapa warga lokal yang sedang mencari anak-anak rajungan untuk makanan bebek yang merupakan binatang ternak mereka . Selain itu , pantai popoh ini juga dekat sekali dengan Pantai Sidem yang juga memiliki tempat yang cukup bagus untuk aktivitas surfing atau snorkeling bagi anda pecinta kegiatan menyenangkan tersebut . Salah satu budaya yang masih mengakar dan tetap di laksanakan hingga kini di kawasan wisata Pantai Popoh Tulungagung ini adalah ritual Labuh Semboyo . Prosesi dari ritual labuh semboyo ini berupa larung sesaji ke laut lepas yang ternyata diselenggarakan setiap tahun tepatnya pada bulan Syuro . Anda pun juga dapat menonton kegiatan budaya yang masih terjaga ini pada saat anda datang ke Pantai Popoh , namun anda harus menyesuaikan jadwalnya di bulan syuro tentunya .

pantai popoh tulungagung

air terjun di pantai popoh tulungagung

lokasi dan alamat pantai popoh

Pantai popoh ini berlokasi di Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besole, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur 66382, Indonesia . berikut titik GPS dan juga peta @-8.2618085,111.8011675

rute menuju pantai popoh

Untuk menuju pantai ini dan berangkat dari Surabaya , maka anda dapat memilih dengan 2 rute pilihan yaitu dari mojokerto atau dari malang

Rute Mojokerto : Surabaya lalu menuju kearah Mojokerto , setelah itu anda bisa mengambil arah menuju ke Jombang , lalu ke Kertosono , setelah itu anda akan masuk ke kota Kediri . Dari Kediri ini anda dapat langsung ambil arah ke Tulungagung dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.
Rute Malang Kota : dari Surabaya andapun harus mngambil arah menuju ke Sidoarjo , setelah itu anda megambil arah jalan yang menuju ke Malang , dan memasuki wilayah Kepanjen anda wajib menempuh jalur yang menuju ke arah Wlingi , setelah sampai wlingi maka anda harus ke Blitar . Dari Blitar ini anda dapat langsung meluncur ke Tulungagung yang tepatnya mnuju ke arah Besuki. Akses jalan menuju Pantai Popoh sudah memadai dengan jalanan yang halus beraspal, tetapi berkelok-kelok sebagaimana ciri khas jalanan menuju kawasan pantai.

harga tiket masuk pantai popoh

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata pantai yang cukup menarik ini , Anda pun juga harus membayar tiket masuk Pantai Popoh Tulungagung ini , namun jangan khawatir tiket masuk k pantai popoh ini hanya sebesar Rp 3 ribu per orang , namun tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan Rp 2000 untuk motor , dan Rp 5000 untuk mobil , cukup terjangkau bukan ?.

kuliner yang ada di pantai popoh

Di kalangan wisatawan yang memiliki hobi berkuliner maka rasanya akan ada yang kurang jika berwisata di Pantai Popoh Tulungagung tanpa singgah terlebih dahulu ke Warung yang sangat terkenal di pantai popoh ini yaitu Warung Mak Yah . hal tersebut bukanlah tanpa alas an , tapi karena warung ini memiliki sesuatu yang cukup special di kalangan pecinta kuliner . Warung Mak Yah sejak dulu ternyata sudah terkenal dengan sajian kulinernya yang sangat menggugah selera . Di warung yang setiap hari tak pernah sepi dari pengunjung ini , Anda juga dapat menikmati sajian dari olahan seafood yang lezat . Beberapa menu kuliner yang favorit di kalangan wisatawan adalah masakan udang dan kepiting asam manis yang memiliki citarasa yang tinggi.
Semua sajian makanan yang ada di Warung Mak Yah ini diproses secara tradisonal dan masaknya pun masih menggunakan tungku arang dengan bumbu-bumbu masakannya yang khas . Selain itu , satu hal lain yang menjadikan Warung Mak Yah ini sangat populer adalah adanya Sambal Bledhek yang terbilang sangat pedas . Tak heran jika dinamakan Sambal Bledhek (petir) karena pedasnya benar-benar seperti di sambar petir karena saking pedasnya , tak heran tempat ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan

hotel terdekat di pantai popoh

Jika Anda ingin menginap di kawasan Pantai Popoh Tulungagung ini bersama keluarga dan saudara anda , maka anda pun dapat dengan mudah mencari tempat menginap di area pantai ini karena sudah tersedia sejumlah hotel atau penginapan yang dapat Anda pilih . Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Hotel Popoh Indah dan juga Hotel Sutera Bina Samudra.