pantai parangtritis yogyakarta mitos di balik keindahan alam

Jogja mmiliki wisata pantai yang sangat eksotis , dan banyak dari pantai tersebut memiliki kisah tersendiri yang memang ada sejak zaman kerajaan , salah satu pantai yang unik dan memiliki unsure magis kuat adalah Pantai Parangtritis . Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal Di Jogjakarta , Pantai Parangtritis ini sangat cocok dikunjungi bersama pasangan , maupun keluarga anda . Deburan ombak yang ada di pantai ini menyapu hamparan pasir hitam landai disertai dengan hembusan angin khas pantai yang akan membuat Anda betah untuk tetap berlama-lama menikmati pemandangan ini. Selain itu, pemandangan matahari terbenamnya ternyata juga tidak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali.

Satu hal lagi yang menarik dari Pantai Parangtritis ini adalah adanya gumuk atau gundukan pasir yang ada di sekitar pantai. Gumuk pasir ini disebut sebagai satu-satunya gurun pasir yang ada di kawasan Asia Tenggara. Saat anda sedang berada di gumuk pasir ini, Anda akan merasa sedang berada di Negara Afrika karena luasnya lautan pasir dan juga suhu udaranya yang lebih panas beberapa derajat dibandingkan daerah yang ada di sekitarnya.

pantai parangtritis

sejarah misteri dan mitos Pantai Parangtritis

Pantai ini konon pada awalnya ditemukan olh Dipokusumo, seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit. Dipokusumo kala itu sedang menyepi dan melakukan semedi di sekitaran pantai ini. Dari tempat semedinya , ia melihat sbuah air yang menetes atau disebut tumaritis dalam bahasa jawa , air tersebut menetes dari celah batu karang yang juga disebut parang. Jika kedua kata ini dijadikan satu , maka terbentuklah kata Parangtritis yang berarti air yang menetes dari sebuah celah batu karang.

tempat wisata menarik lainnya :  pantai cipta semarang mutiara di balik terminal peti kemas

Pantai Parangtritis meurut warga juga disebut sebagai salah satu lambang dari sebuah kekuatan trimurti yang ada di Yogyakarta bersama Gunung Merapi dan juga Keraton Kesultanan Jogja. Pantai Parangtritis mempunyai elemen air, Gunung Merapi mempunyai elemen api, dan keraton kesultanan berperan sebagai penyeimbang keduanya. Jika ketiga tempat tersebut ditarik pada garis lurus, maka ketiganya pula berjajar di satu garis yang sama dari arah utara mnuju ke selatan.

pantai parangtritis bantul yogyakarta

Tak mengherankan bagi kita memang jika pantai ini juga memiliki peran penting bagi Propinsi Yogyakarta . Belum lagi ada kepercayaan yang sangat kuat yang menyebutkan bahwa Pantai Parangtritis ini ditengarai merupakan pintu dari gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan yang dipimpin oleh tokoh legenda Jogja yang sangat terkenal yakni Kanjeng Ratu Kidul. Konon, ratu ini sangat menyukai hal apapun yang memilikiwarna hijau, oleh karena itu bagi pengunjung yang mengunjungi pantai tidak disarankan memakai pakaian yang berwarna hijau atau sesuatu yang buruk pada anda akan terjadi. Percaya ataupun tidak percaya , sebaiknya Anda harus menghindari pakaian warna hijau saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Dibalik kemistikan yang ada pada pantai ini , Tempat ini menyajikan pemandangan yang indah dan juga menawan , di tempat ini anda juga mbisa menikmati pantai dengan cara lain , yakni naik delman keliling pantai , naik atv , dan juga di sini juga ada paralayang jika anda memiliki keberanian untuk menikmati keindahan pantai dari atas

tempat wisata menarik lainnya :  sejarah dan asal usul wisata pantai watu dodol banyuwangi

sunset di pantai parangtritis jogja

lokasi dan Alamat Pantai PrangTritis

Pantai Parabngtritis ini berlokasi di Kretek, Kabupaten Bantul, Special Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia . Berikut titik GPS dan peta @-8.0085835,110.2748178

peta map lokasi pantai parang tritis

rute jalan menuju ke Pantai PrangTritis

Pantai Parangtritis berlokasi di Jalan Parangtritis KM 28, Yogyakarta, atau sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk transportasi menuju Parangtritis, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.
Rute terbaik jika anda menggunaka kendaraan pribadi adalah dari Yogyakarta – Kretek – Parangtritis atau Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis.
Dan jika anda hendak menggunakan transportasi umum , Anda pun bisa menggunakan bus yang berangkat dari Terminal Giwangan , Yogyakarta. Cari bus yang memiliki rute Yogyakarta – Parangtritis dan Anda bisa turun di Pantai Parangtritis , sudah cukup banyak dan anda tidak perlu khawatir dengan biayanya karena sangat terjangkau

harga tiket masuk Pantai ParangTritis

Selain pantai ini memiliki keindahan yang sangat popular , tempat ini pun juga merupakan wisata murah meriah bagi warga jogja yang ingin berwisata sekaligus refreshing dari segala kegiatan pekerjaan . Untuk dapat menikmati keindahan dari tempat wisata ini , Anda cukup membayar sebesar 3.500 Rupiah saja per orang.

tempat wisata menarik lainnya :  lokasi surga tersembunyi pantai tirang menco wedung demak

Kuliner di Pantai ParangTritis

Kuliner yang ada di Pantai ini cukup lengkap karena banyaknya warung dan juga para pedagang yang menjajakan dagangannya di area pantai ini . Namun yang paling nikmat yang adalah menikmati jagung bakar dan es kelapa muda yang banyak dijajakan di pantai ini pada saat momen matahari tengglam . harga yang ditawarkan cukup terjangkau jadi tidak akan menguras kantong anda .

hotel penginapan di Pantai ParangTritis

Banyak sekali penginapan yang ada di sekitar panti parang tritis ini karena pantai ini merupakan pantai ikonik dari kota Jogja sebagai wisata yang dapat menarik para wisatawan untuk mengunjunginya , sehiangga keadaan ini pun dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis pnginapan , sehingga anda pun tidak perlu mencari jauh jauh untuk sekedar menginap di area pantai ini , beberapa hotel yang terdekat yang ada di Pantai Parangtritis ini adalah penginapan arita , hotel Budi Inn , dan ada juga yang paling murah yakni losmen yudhistira yang menawarkan harga mulai Rp 90.000 per malamnya .

parangtritis - parang tritis - pemandangan pantai parangtritis - kata kata parangtritis - Pantai Parangtritis Yogyakarta - mitos pantai parangtritis yogyakarta - kata kata keindahan tempat wisata - foto parangtritis - kata kata salam dari parang tritis - Gambar batu karang parangtritis -