keindahan pantai dan goa watu lawang yogyakarta

Pantai Watulawang merupakan salah satu pantai yang terdapat di kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini menawarkan keindahan eksotis dari pemandangannya yang berupa bebatuan karang dengan hamparan indah pasir putihnya. Pantai ini juga letaknya diapit oleh dua pantai yang sudah terkenal lebih dahulu, yaitu Pantai Indrayanti atau pantai pulang syawal yang terletak di sebelah Barat dan ada juga Pantai Pok Tunggal yang terletak di sebelah Timur pantai Watulawang ini .

sejarah dan mitos pantai watulawang jogjakarta

pantai ini diberi nama Pantai Watu lawang karena di pantai ini ternyata terdapat sebuah gua batu yang biasanya sering digunakan oleh masyarakat sekitar sini untuk upacara adat sadranan atau yang biasa disebut dengan upacara nyadran ( tradisi tersebut adalah upacara adat yang dilaksanakan tepat pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijriah atau kalender Islam ) . Dan di pintu batu yang ada di gua tersebut hanya terbuka dan juga hanya bisa dimasuki oleh orang banyak pada saat acara adat nyadran itu saja. Menurut para sesepuh di sekitar sini , goa yang menurut warga sekitar merupakan jejak tilas dari Prabu Brawijaya ke – VI . Disebut Goa Watulawang karena terdapat sebuah batu yang besar bentuknya menyerupai pintu yang berada di mulut goa tersebut.

pantai watulawang wonosari yogyakarta
pantai watu lawang gunung kidul yogyakarta
Pantai Watulawang ini sangatlah indah , semakin hari pengunjung yang datang di pantai ini semakin bertambah , karena tempat ini semakin dikenal masyarakat luas dan juga sering dibicarakan di social media , saat ini banyak sekali foto yang diabadikan oleh pengunjung di pantai watu lawang yang mnjadi trending topic sebagai salah satu wisata pantai memiliki keindahan yang eksotis yang ada di Jogja .

tempat wisata menarik lainnya :  rute pantai siring kemuning bangkalan madura

Pantai Watulawang ini dibagi menjadi 2 bagian pantai berdasar letaknya. Pada bagian pertama berada di sebelah barat dari goa dan area pantai nya disini tidak terlalu luas. Sedangkan pada bagian kedua terletak di sebelah timur memiliki areal pantai yang lebih luas. Pada bagian Timur sering digunakan untuk kegiatan olah raga air , nah bagi anda yang suka dengan olah raga air maka tempat ini mrupakan tempat yang sangat wajib anda kunjungi .

goa di pantai watu lawang yogyakarta

Lokasi dan alamat pantai Watu lawang wonosari

Pantai Watulawang ini berlokasi di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun titik GPS dan peta sebagai berikut @-8.2691157,110.4006174

rute menuju ke Pantai WatuLawang gunung kidul

jarak tempuh ke pantai ini tidak terlalu cukup lama, hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam lebih 45 menit jika ditempuh dari Yogyakarta dan menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju watulawang ini pun juga masih terbuat tanah dan juga bebatuan kapur , jika menggunakan mobil maka jalan ini hanya dapat dilewati oleh 1 mobil , dan itupun lebar nya sangat pas sekali dengan lebar mobil.

Untuk mencapai Pantai Watulawang anda harus mengarahkan kendaraan ke arah Timur dari Pantai Pulang Syawal atau yang sering disebut pantai Indrayanti . Setelah berjalan secara perlahan-lahan kea rah timu , maka selanjutnya anda akan menemukan sebuah papan petunjuk yang menunjukkan jalan menuju Pantai Watulawang yang berjarak sekitar 200 m.

tempat wisata menarik lainnya :  lokasi obyek wisata pantai tirang semarang

Ada 2 rute yang cukup mudah untuk anda ikuti ktika ingin mnuju pantai watulwang ini , diantaranya adalah :

1. Dari Yogyakarta anda bisa melewati jalut Jalan Imogiri Barat > Panggang > Saptosari > Pantai Baron > Pantai Kukup >Tepus > Pantai Krakal > Pantai Watulawang.

2. Dari Yogyakarta langsung ke kota Wonosari dan setelah itu anda akan menemukan beberapa penunjuk arah ke pantai Indrayanti dan selanjutnya anda harus lanjut menuju Pantai Watulawang.

harga tiket masuk Pantai Watulawang wonosari gunung kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang jadi satu dngan Gerbang Retribusi yang ada sebelum masuk pantai yaitu sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Harga tersebut sangat terjangkau apalagi fasilitas yang ada di Pantai Watulawang cukup lengkap mulai dari adanya kamar mandi, warung warung makan minum, dan gazebo unik yang sangat unik .

Kuliner yang ada di Pantai Watu Lawang wonosari gunung kidul

Karena fasilitas yang ada di Pantai Watulawang ini lumayan lengakap , maka bagi anda yang menyukai kegiatan berkuliner tidak perlu khawatir , karna di bibir pantai ini terdapat banyak sekali warung yang menyediakan makanan ringan maupun berat , bayak diantaranya mnydiakan menu seafood yang lezat dan juga mnggugah selera anda, dan di sini ada pula gazebo yang bisa anda sewa untuk beristirahat sejenak setelah capek bermain di pantai ini , dan di gazebo ini anda pun dapat memesan makanan sehingga anda dapat melahap seafood ditemani dengan suara ombak yang membuat suasana semakin indah

tempat wisata menarik lainnya :  pantai ngrenehan kanigoro kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta

hotel dan penginapan terdekat pantai Watulawang gunung kidul yogyakarta

walaupun fasilitas disini lumayan lengkap , namun belum ada hotel atau pun penginapan yang ada di dekat pantai watulawang ini , namun bagi anda yang ingin mnginap di area pantai ini , maka anda pun bisa mendirikan tenda di sekitar sini , dengan camping di tmpat ini anda akan merasakan sensasi menikmati pantai yang brbeda dari biasanya , namun anda pun juga harus menjaga kebersihan yang ada di pantai ini , karena jika anda ketahuan membuang sampah sembarangan maka anda akan di tegur oleh warga yang ada di sekitar pantai tersebut , hal terbaik untuk menjaga pantai ini tetap indah adalah tidak mengotori tempat ini .

pantai watu lawang - watu lawang - pantai watulawang - pantai watu lawang wonosari - pantai goa watu lawang - watu lawang jogja - pantai watu lawang gunung kidul - Wisata watu lawang - goa watu lawang - pantai goa watulawang -