sejarah dan misteri tempat wisata gua pancur jimbaran kayen kabupaten pati

siapa sangka kabupaten pati ternyata memiliki obyek wisata alam yang masih alami dan belum banyak di ketahui masyarakat , salah satunya adalah gua pancur yang terdapat di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang unik dan penuh dengan sejarah mitos dan misteri yang melegenda di masyarakat sekitar.

sejarah dan misteri gua pancur kayen pati

gua pancur yang terdapat di sebuah lereng gunung kendeng di desa jimbaran ini pertamakali di temukan oleh mbah sarto pada tahun 1932.

penemuan gua pancur ini bermula ketika mbah sato mendengan suara aliran air gemercik yang berasal dari bukit di pegunungan kendeng , dan ternyata berada di dalam tanah dan kemudian oleh mbah sarto di lubangi dengan menggunakan gancu hingga membentuk mulut gua yang kemudian di manfaatkan oleh masyarakat sebagai lahan pengaitan sawah di sekitar.

gua pancur ini tek lepas dari cerita mistis dan mitos , cerita yang beredar di masyarakat bahwa gua pancur ini bisa tembus ke pantai selatan dan hingga akhir nya oleh komunitas gasong community memutuskan untuk menyusuri gua tersebut untuk membuktikannya , namun mitos tersebut terpatahkan dan ternyata kedalaman gua tersebut hanya sejauh 8.72 Km.

lokasi dan alamat goa pancur jimbaran pati
goa pancur ini berada di alamat Jimbaran, Kayen, Jimbaran, Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59171 atau pada peta google masp sebagai berikut

rute jalan menuju gua pancur jimbaran pati

Untuk menuju arah lokasi Goa Pancur, pengunjung bisa melewati dari berbagai arah, baik dari arah Pati Kota, Gabus atau dari arah selatan yaitu Sukolilo (bila pengunjung melalui jalur Kudus, Purwodadi-Grobogan). Dari pinggiran jalan raya, ada gapura yang bertuliskan “Kawasan Wisata Gua Pancur”, masuk saja di sana ada papan petunjuk arah menuju gua. Pengunjung harus melewati perkampungan desa sekitar 3 km

harga tiket masuk ke gua pancur jimbaran pati

pengunjung di gratiskan mengunjungi wisata gua pancur ini , hanya di kenalkan biaya parkir sebesar rp. 3000 per sepeda motor

wahana gua pancur jimbaran pati

gua pancur ini menawarkan bebek kayuh dan wisata susur gua yang menjadi 2 wahana andalannya , untuk bebek kayuh cukup di kenakan biaya sebesar Rp. 15.000 yang muat untuk 4 orang dan di berikan waktu 15 menit dan untuk wisata susur gua di kenakan biaya sebesar Rp. 20.000 untuk enjelajah keindahan pesona perut bumi gua sepanjang 8,27 kilometer, pengunjung cukup membayar Rp 20 ribu per orang. Dengan harga yang cukup murah tersebut, pengunjung sudah diberikan fasilitas berupa helm keamanan, jaket pengaman, dan guide.