lokasi wisata goa selomangleng kota kediri jawa timur

Goa selomangleng ini merupakan sebuah objek wisata Goa yang berada tepatnya di kota Kediri , provinsi Jawa Timur . Goa Selomangleng ini terletak di daerah gunung klotok atau sekitar 3,5 kilometer jika ditempuh dari pusat kota kediri . Nah , nama Goa Selomangleng ini sendiri diambil dari kata selo yang berarti Batu , sedangkan Mangleng ini sedniri berarti Miring, jadi selomangleng ini berarti Batu yang kedudukannya miring jika dilihat dari permukaan tanah , karena memang letak dari Goa Selomangleng ini sendiri berada di Kaki Gunung klotok .

Keunikan yang dimiliki dari Goa Selomangleng ini adalah adanya banyak sekali Bongkahan batu yang seolah olah berserakan dan diantara batu tersebut ada yang sudah pernah dipahat sebelumnya , dan di bagian luar dari goa ini juga ada berbagai seni relief yang menghiasi. suasana dari goa ini yang sangat gelap gulita bila pengunjung memasuki area goa dan juga pengunjung yang datang pastinya akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat di hidung anda .

Masih di sekitar Kawasan wisata Goa Selomangleng ini , ternyata pemerintah yang ada di kota kediri ini juga telah membangun Museum Airlangga yang kebanyakan dilokasi museum ini tersimpan sejumlah benda purbakala peninggalan yang katanya merupakan benda yang digunakan pada masa pemerintahan kerajaaan Kediri .

Kawasan Objek wisata Goa Selomangleng saat ini telah dikembangkan oleh peerintah yang ada di kota kediri sebagai wisata keluarga , di sekitar goa Selomangleng ini ternyata juga ada beberapa fasilitas yang sangat lengkap dan syarat dengan tempat wisata diantaranya adalah Kolam pemandian , lalu pengunjung akan dikenai tarif lagi apabila mandi di pemandian tersebut , biaya mandi di kolam renang ini pun juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp.4000. fasilitas pada kolam renang yang ada disini juga terdapat dikhususkan kolam yang di peruntukkan untuk anak-anak.

sejarah Goa Selomangleng

Goa selomangleng ini ternyata merupakan sebuah tempat yang digunakan sebagai ruang pertapaan Dewi Kilisuci yaitu putri Mahkota dari Raja Airlangga , konon di Goa inilah putri Kilisuci ini menghabiskan semua sisa umurnya untuk bertapa agar seluruh rakyat kediri terhindar dari marabahaya , dewi kilisuci juga rela dengan menghabiskan seluruh sisa umurnya untuk tidak menikah , hal itu dilakukanya demi kesejahteraan masyarakat kediri.

lokasi dan alamat goa selomangleng

Goa Selo mangleng ini terletak di Jl Mastrip No 1,Mojoroto, Kediri,Jawa Timur .berikut titik GPS dan juga peta . berikut titik GPS dan juga peta
@-7.8073372,111.9706634

rute jalan menuju ke goa selomangleng

Untuk bisa menuju kawasan objek wisata Goa Selomangleng ini , dan apabila pengunjung datang dari alun alun kota Kediri , maka pengunjung pengunjung pun bisa langsung menuju ke arah barat myaitu elewati Jembatan dari Sungai Brantas untuk lurus terus sampai ke Terminal kediri , nah dari terminal Kediri ini maka anda pun harus belok ke kanan , dan setelah itu anda akan sampai di perempatan Sukorame , dari sini anda langsung saja belok kea rah kiri , setelah itu langsung lurus saja , nah maka pengunjung bisa langsung sampai di kawasan dari wisata Goa selomangleng ini dengan jarak sekitar 2 Kilometer .

harga tiket masuk ke goa selomangleng

Tiket masuk Goa Selomangleng yaitu sebesar Rp.4000 untuk satu orang dewasa dan Rp 2500 untuk anak anak. menurut pengunjung Goa Selomangleng sebenarnya dulu untuk masuk ke Lokasi Kawasan wisata tidak di pungut biaya alias gratis, tapi saat kami mengunjungi objek wisata tersebut,kami diharuskan membayar tiket masuk

kuliner yang ada di gao selomangleng

untuk anda yang gemar berkuliner ria , maka goa selomangleng ini juga banyak terdapat warung da juga para pedagang yang sedang mnjajakan dagangan meereka , diantaranya adalah , nasi goreng lalu ada juga mie ayam yang bisa anda nikmati setelah lapar sehabis berenang di area wisata goa selomangleng ini , lalu ada juga mie instant , soto dan masih banyak lainnya , nah untuk anda yang sedang ingin menikmati kuliner yang sangat khas di Kediri , maka anda pun bisa keluar sebentar dari wisata goa selomangleng ini dan dilanjutkan dengan perjalanan kea rah kota , maka anda akan menemukan banyak sekali warung yang menyajikan makanan khas dari kota Kediri yaitu Nasi pecel khas Kediri , nah nasi pecel ini sangat khas karena disajikan di atas “pincuk” atau daun pisang . nah pecel kediri ini biasanya disajikan pada saat nasi tersebut masih mengepul hangat , lalu diatas nasinya diberi sayuran yang terdiri dari daun pepaya , lalu ada daun kenikir , dan juga daun ketela pohon , nah setelah itu ditambah kacang panjang , buah pepaya muda lalu kecambah , dan kemudian nasi yang sudah ada sayurannya tersebut disiram sambal pecel dan juga sambal tumpang.

hotel dan penginapan terdekat di goa selomangleng

untuk anda yang ingin menginap bersama dengan keluarga anda , maka anda pun juga jangan khawatir disini banyak sekali homestay yang merupakan rumah miliki warga yang disewakan , dan mulai dari 150 ribu permalamnya anda sudah bisa menginap dengan nyaman dan juga tempat yang cukup bersih pastinya .

tiket masuk goa selomangleng - kecelakaan kediri 2017 - goa selomangleng - Goa Selomangleng Kota Kediri Jawa Timur - goa selomangleng kediri - peta istana jambu kediri - Pantai Pasir Putih Kota Kediri Jawa Timur 64116 - masjid agung demak terkenal dengan brainly - harga tiket masuk istana jambu kediri - petunjuk arah ke istana jambu kdr -