lokasi wisata coban tumpak sewu pronojiwo lumajang jawa timur

Coban Sewu atauyagnjuga sering disebut dengan Air Terjun Tumpak Sewu adalah sebuah destinasi wisata yang tergolong baru dan terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang . nah , Karena masih baru sehingga masih sedikit sekali info-info yang mengenai pengetahuan tentang wisata air terjun ini dan pastinya belum banyak terdengar di kalangan para wisatawan.

 

Tempat ini disebut dengan nama Coban Sewu karena dari segi bahasa jawa sendiri coban berarti air terjun dan kata sewu berarti seribu . nah , mungkin anda penasaran Mengapa seribu ? alasannya yaitu karena air terjun ini merupakan sebuah aliran air dari atas dan juga sangatlah banyak tidak bisa dihitung sepanjang tebing . Air terjun ini juga sangat tinggi sampai-sampai akan terasa seram jika mengambil foto dari atas tebing tersebut .
saat ini Coban Sewu juga sudah mulai menjadi perbincangan dan tentunya menjadi destinasi kunjungan dari para wisatawan domestik atau lokal. Awalnya sendiri memang katanya oleh warga sekitar ini sengaja disembunyikan dikarenakan takut atau pun mereka khawatir tidak terawat dengan baik oleh pemerintah seperti Goa Tetes yang sudah dibahas sebelumnya .
Warga sekitar air terjun sewu ini baru mulai percaya setelah pemerintah daerah juga mulai memperhatikan tempat wisata alam seperti yang ada di puncak B-29. Warga sekitar juga berharap kepada pemerintah setempat dengan adanya objek wisata yang baru ini untu segera melakukan pengembangan supaya mngeksplor potensi wisata yang dimiliki coban sewu ini .


jika kita ingin melihat langsung keindahan air terjun ini dari sisi bawah maka kita juga dapat turun langsung melalui Goa Tetes yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan untuk menyusuri sungai dan juga melawan arus .
Coban Sewu ini sungguh berbeda dengan wisata air terjun yang lainnya, karena tempat ini juga tergolong wisata yang sangat ekstrim yang juga cukup identik dengan petualangan . Kita sebelumnya harus menyusuri sungai terlebih dahulu , lalu dilanjut dengan naik turun di tebing yang sangat licin karena tebing tersebut juga penuh dengan lumut . anda pun juga Harus ekstra hati-hati untuk melewati perjalan menuju ke air terjun coban sewu ini , oleh karena itu pula , wisata ini juga bisa dibilang bahwa ini merupakan wisata yang cukup ekstrim.

Tapi anda tak perlu khawatir dan harus tenang saja , karena pengorbanan dan juga perjalanan anda pastinya tidak akan sia-sia , hal tersebut karena jika sudah sampai ke lokasinya anda akan disuguhi oleh pemandangan yang sangatlah begitu eksotis dan tak ada tandingannya . Kejernihan dari airnya sendiri dan juga tempat yang masih sangat terjaga keasriaannya. dan Air terjun ini juga sangatlah cocok untuk mereka semua yang memiliki hobi dengan fotografi alam dan juga petualangan.

dan jangan lupa jika anda dengan para kerabat sedang ke Lumajang untuk juga mampir ke tempat ini , dan anda pun dijamin tidak akan rugi. anda bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus yaitu yang satunya lagi adalah goa tetes yang juga tak kalah indahnya dengan yang ada di coban sewu. Letaknya pun juga saling berdekatan karena berada pada satu jalur .

lokasi dan alamat coban sewu

coban sewu ini berlokasi di Sidomulyo, Pronojiwo, kabupaten lumajang , provinsi jawa timur , Indonesia . Berikut titik GPS dan juga peta @-8.2302712,112.9143333

rute menuju ke coban sewu

nah , jika rute yang biasa diambil oleh para wisatawan dari Jember ke arah Lumajang , maka anda bisa menempuh perjalanan yaitu dari Jember lalu menuju ke Rambupuji , setelah itu anda harus menuju ke Bangsalsari baru habis itu perjalanan diteruskan ke Tanggul , setelah itu maka anda harus menuju ke Jatiroto , lalu menuju ke Sukodono , dan anda akan sampai Lumajang kota, namun beberapa orang tidak megambil rute ini dengan alasan rute ini terlalu jauh jika digunakan untuk menuju ke lokasi Air terjun Tumpak sewu ini .
Rute lain lagi yang juga merupakan rute jalan pintas atau pun jalan dalam yang tentunya lebih singkat dan dekat, dan juga lebih sepi , pastinya juga lebih sejuk yaitu rute dari Jember , sama anda tetap menuju ke Rambipujiterlebih dahulu , namun kali ini anda harus mengarahkan kendaraan kea rah Balung , setelah itu anda bisa menuju kearah Kasiyan , dari kasiyan anda bisa menuju ke Gumuk Mas , stelah itu anda bisa menuju ke Kencong , dan setelah sampai di kencong , perjalanan di lanjutkan ke Yosowilangun dan setelah itu anda harus menuju keTempeh , dari tempeh anda langsung ke Pasirian dan setelah itu anda harus menuju ke Candipuro , baru anda akan menuju ke Pronojiwo.

harga tiket masuk ke coban sewu

untuk masuk ke coban sewu ini maka anda akan dikenakan dua tiket , yaitu tiket pertama untuk parkir sepeda motor yang didalamn tiketnya tersebut telah tertera angka Rp 2.000,- , nah untuk tiket kedua sendiri baru untuk masuk ke area spot foto yang tertera angka lebih besar yaitu Rp 3.000 , walaupun begitu , tiket tersebut sudah sangatlah murah karena dengan 5000 rupiah anda bisa menikmati ke eksotisan dank e alamian dari air terjun coban sewu ini . cukup murah bukan ?

kuliner dan masakan khas yang ada di coban sewu

belum ada kuliner yang ada di dekat sini , namun anda bisa membeli beberapa cemilan yang bisa anda bawa untuk menemani perjalanan anda menuju ke coban sewu ini , dan warung warung ini ada di pintu masuk utama tepat anda menitipkan kendaraan sebelum rekking menuju ke air terjun coban sewu

hotel dan penginapan terdekat di coban sewu

jika anda ingin menginap maka hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menyewa rumah para warga dan ternyata sebagian memang sudah di sewakan khusus untuk para pengunjung yang ingin menginap di antara keindahan air terjun ini , dengan range harga 125 – 200 ribu rupiah peer malamnya anda pun juga bisa menginap di rumah warga yang pastinya bersih dan fasilitasnya cukup lengkap