lokasi wisata alam gunung api purba nglanggeran yogyakarta

Desa nglanggeran yang dulunya hanya sebagai desa pengekspor TKI kini berubah drastis dengan adanya desa wisata di loksi tersebut , terutama setelah di tetapkannya nglanggeran sebagai desa wisata terbaik se asia tenggara dan sebagai kawasan geopark gunung sewu yang di akui oleh UNESCO , makin banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi desa wisata nglanggeran ini.

di desa wisata nglanggeran ini terdapat juga sebuah gunung api purba yang aktif pada 60-70 juta tahun yang lalu yang saat ini sudah tidak aktif lagi, gunung api purba ini bentuknya berupa bongkahan batu andesit yang sangat besar terbentang antara 800 meter dengan tinggi 300 meter yang banyak di minati para wisatawan , di sana juga terdapat sebuah pendopo berbentuk joglo sebagai sarana peristirahatan para wisatawan yang ingin menikmati sunrise dan sunset dari area gunung api purba ini.

sejarah Gunung api purba nglanggeran yogyakarta

bukit nglanggeran menurut cerita merupakan sebuah area untuk menghukum masyarakat desa yang merusak wayang.
Nglanggeran berasal dari kata nglanggar yang berarti melanggar, tepatnya menurut kisah pada ratusan tahun silam penduduk desa mengundang dalang untuk mengdakan syukuran hasil panen desa, akan tetapi entah mengapa para warga merusak wayang si dalang tersebut yang membuat dalang marah dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan kemudian di buang dan di asingkan di bukit nglanggeran.

menurut kepercayaan masyarakat sekitar , ada beberapa batu besar yang di jadikan tempat bertapa oleh ongko wijoyo yaitu salah satu tokoh punawakan dalam cerita pewayangan dan di bukit nglangeran ini pula pernah di temukan sebuah patung arca mirip ken dedes yang di temukan oleh warga sekitar.

alamat dan lokasi gunung api purba nglanggeran yogyakarta

gunung api purba ini terletak di Gunung Nglanggeran ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

rute jalan menuju gunung api purba desa nglanggeran yogyakarta

Saat ini belum ada jalur angkutan umum yang menuju lokasi gunung ini, sehingga anda harus menggunakan kendaraan sendiri maupun menyewa kendaraan. Sedangkan jalur untuk menuju obyek ini ada dua jalur yang dapat anda pilih :

Dari Wonosari ke gunung api purba nglanggeran: Bunderan Sambipitu – Dusun Bobung – Desa Nglanggeran.


Dari Yogyakarta ke gunung api purba nglanggeran: Bukit Bintang Patuk – Radio GCD FM – Desa Ngoro-oro – Desa Nglanggeran.

Harga tiket masuk gunung nglanggeran

untuk harga tiket masuk ke pegunungan nglanggeran ini di bedakan sore dan malam , untuk sore sebesar 7000 dan malam sebesar 9000

hotel dan penginapan di sekitar gunung api purba nglanggeran

karena ini merupakan area perbukitan masih belun tersedia hotel dan penginapan di sekitar bukit nglanggeran , namun bila mau , anda bisa camping dan mendirikan tenda si sekitar wilayah ini