blue fire lava biru yang unik di kawah ijen banyuwangi

Sebuah tempat wisata terfavorit lainnya yang ada di jawa timur adalah Kawah Ijen . Kawah Ijen ini merupakan sebuah kawah yang berbentuk danau dan merupakan kawah danau terbesar yang ada di Pulau Jawa . Lokasi wisata ini ternyata juga memiliki banyak sekali pesona dari keindahan yang ditawarkan kawah ini termasuk adalah sebuah ciri khasnya yakni memiliki warna toska dan api biru pada saat malam hari hingga menjelang subuh . Pemandangan yang merupakan pemandangan yang sangat langka inipun juga bisa anda temukan di danau belerang yang berada di Kawah Ijen.
Kawah Ijen ini juga sering disebut juga dengan nama Gunung Ijen . Gunung ini juga merupakan masih tergolong dalam gunung berapi yang juga masih aktif di Indonesia . Tinggi dari Gunung Ijen ini sendiri adalah sekitar 2.443 meter dari atas permukaan laut.
Kawah Ijen ini termasuk dalam pusat danau kawah terbesar yang ada di dunia hal itu dikarenakan Gunung Ijen mampu memproduksi kawah sekitar 36 juta meter kubik berupa belerang dan juga hydrogen klorida . Kawah ijen ini juga tergolong sebagai tempat wisata berbentuk kawah yang cukup berbahaya , meskipun demikian , tempat wisata ini tetap menawarkan keindahan yang begitu sangat luar biasa untuk di nikmati .

lokasi kawah ijen banyuwangi jawa timur blue fire api biru

lokasi kawah ijen api biru blue fire

kawah ijen blue fire

kawah Ijen di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur tak hanya indah, tapi juga misterius. Salah satunya, lava biru kawah ijen spektakuler yang menyembur dari dalam gunung.

lava biru blue fire kawah ijen

Joseph Stromberg dari Smithsonian berbicara pada fotografer Olivier Grunewald — yang sedang membuat film dokumenter di Ijen bersama Regis Etienne, dari¬† Society for Volcanology Jenewa — untuk mendapatkan penjelasan apa yang sebenarnya terjadi pada Kawah Ijen.

Lokasi dan alamat Kawah Ijen gunung ijen

Kawah Ijen ini berlokasi tepatnya di Ijen, Tamansari, Licin, kabupaten Banyuwangi , Jawa Timur , Indonesia . berikut titik GPS dan juga peta @-8.0580077,114.1032036

rute menuju ke kawah ijen

Bagi wisatawan yang suka dengan petualangan, tempat ini bisa di kunjungi saat berkunjung ke provinsi Jawa Timur. Perlu di ingat bahwa untuk memasuki wisata kawah ijen ini , anda harus melakukan perjalanan pendakian sekitar 3 jam untuk mencapai puncak kawah ijen yang biasa di gunakan para pengunjung untuk menikmati indahnya kawah ijen . Jika anda sudah berencana matang ingin berkunjung ke Gunung Ijen ini anda bisa melakukan perjalanan dengan dua jalur transportasi yang tidak terlalu susah yaitu melalui jalur utara maupun melalui jalur selatan . dan akan kami jelaskan sebagai berikut :

1 Jalur Utara . Jalur utara ini bisa anda tempuh dari daerah Situbondo kemudian anda harus menuju ke Sempol atau terknal dengan nama Bondowoso kemudian anda harus melewati daerah wonosari . Setelah sampai Wonosari tersebut bisa dilanjutkan lagi perjalanannya hingga sampai ke Paltuding . Jalur utara ini ternyata memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kecepatan atau dengan jarak tempuh sekitar 93 km .

2 . Jalur Selatan . jika anda heendak melakakukan perjalanan melewati Jalur selatan , maka anda bisa berjalan ke jalur yang juga melewati Banyuwangi . Setelah anda pun sampai di Banyuwangi maka anda bisa istirahat sebentar atau anda juga dapat terus melanjutkan perjalanan menuju ke Licin yang dimana jaraknya adalah sekitar 18 km . Jarak Licin menuju ke wilayah Paltuding adalah sekitar 18 km dan jika anda ingin menuju ke kawah ijen dengan menggunakan transportasi umum , maka jika anda setelah sampai ke Paltuding anda pun harus melanjutkan perjalanannya menggunakan mobil atau jeep untuk sampai di area kawah ijen atau anda juga bisa mendaki jika ingi merasakan sensasi yang berbeda . Hal itu dikarenakan perjalanan sebelum jalur pendakian yang berkelok kemudian menanjak sangat berbahaya jika dilalui dengan kendaraan besar seperti bus atau kendaraan umum lainnya .

harga tiket masuk kawah ijen

jika anda ingin brkunjung ke kawah ijen maka anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 3.000 , sebagai perawatan dan pengelolaan kawasan tersebut oleh warga desa sekitar , setelah itu anda harus mendaftar terlebih dahulu dan membeli tiket pendakian paltuding yang hanya sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal pada hari kerja biasa , dan Rp 7.500 untuk wisatawan yang berkunjung pada akhir pekan sabtu dan minggu , masih ada tarif lainnya jika anda mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maka akan di kenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 motor dan juga jika anda membawa mbil dan parkir di area sebelum jalur pendakian tersebut maka anda di kenai Rp 10.000 per mobil

kuliner di kawah ijen banyuwangi

di area kawah ijen ini belum ada warung maupun pedagang yang mnjual dagangan mereka di sekitar sini , jadi diharapkan anda untuk membawa bekal yang mencukupi sebelum anda mengunjungi kaah ijen ini , namun di saran kan anda membawa kembali sampah bekas dari sisa sisa bekal anda , mngingat di tempat ini belum ada sarana kebersihan yang memadai dan anda pun juga harus menjaga kebersihan dari kawah ijen ini supaya tetap menjadi kawasan wisata yang bersih dan juga indah

hotel dan penginapan terdekat di kawah ijen jawa timur

jika anda berangkat dan berencana untuk mnginap di area kawah ijen ini maka anda pun bisa menginap di homestay yang ada sebelum di jalur pendakian yang juga merupakan rumah dari warga di sekitar desa tersebut , dengan harga yang terjangkau tentunya , namun banyak wisatawan yang memilih untuk camping mendirikan tenda di lahan camping ground di sekitar desa tersebut ,dengan membayar hanya sebesar Rp 1.500 per tenda anda pun sudah merasakan sensasi yang berbeda dengan camping di area kawah ini .