goa pindul obyek wisata alam di gunung kidul yogyakarta

satu lagi tempat wisata yang saat ini sedang booming dan bahkan tidak pernah sepi pengunjung di saat kapanpun , tempat wisata ini berada tepatnya Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul , nama wisata unik yang satu ini pasti sudah tidak aing di telinga para traveler , yakni wisata Goa Pindul . Gua Pindul terbilang unik karena cara menyusuri gua nya yang dilakukan dengan menaiki ban yang sudah disediakan dan menjadi pelampung diatas aliran sungai bawah tanah yang ada di dalam gua. Kegiatan menyusuri gua ini dikenal dengan istilah cave tubing.

Panjang dari Gua Pindul ini adalah 350 meter dengan lebar dari sungainya mencapai 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter . Penelusuran di aliran sungai gua Pindul ini memakan waktu kurang lebih 1 jam . Aliran sungai yang berada di dalam gua Pindul katanya juga berasal dari mata air Gedong Tujuh.

goa-pindul-jogja

sejarah , mitos dan asal usul goa pindul

Goa Pindul ini dibuka dan di resmikan oleh Almarhum Sumpeno Putro , yang pada saat itu merupakan Bupati Gunungkidul , tempat wisata yang unik ini dibuka pada 10 Oktober 2010, bertepatan dengan fam tour pejabat dari Kabupaten Gunung Kidul . Goa Pindul dulunya hanyalah sebuah goa yang sangat tidak terawat dan juga konon sudah menjadi sebagai sarang kelelawar . Berkat dari inisiatif warga sekitar gunung kidul dan saat itu juga dibantu para mahasiswa yang sedang KKN, tempat ini sekarang menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Goa Pindul ini memiliki stalaktit terbesar keempat yang ada di dunia dan ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung . Goa Pindul ini juga menyimpan mitos yang diyakini hingga saat ini masih dipercaya bahwa tetesan air dari stalaktit yang ada di tengah goa pindul ini konon katanya bisa menjadikan pengunjung terseebut menjadi awet muda.

goa-pindul-gunung-kidul

Lokasi dan alamat goa pindul

Goa pindul ini berada di Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , berikut titik GPS dan peta @-7.9295247,110.6467663

map peta goa pindul gunung kidul yogyakarta

rute jalan menuju ke Goa Pindul

Untuk anda yang berecana ke goa pindul , danj jika anda berangkat dari jogja maka rute yang paling di rekomendasikan adalah sebagai berikut
Yogyakarta , anda sebelumnya harus sudah menuju ke Jl. Wonosari , setelah itu anda harus menuju k daerah Hutan bunder , di jalan ini anda harus berhati hati , karena typical jalan yang ada di hutan bhunder ini cenderung berliku-liku dan juga kadang menanjak, setelah melewati hutan bunder , maka anda akan bertemu Lapangan terbang Gading yang berada di sisi kiri jalan , anda tetap lanjut menuju arah ke Wonosari kota , setelah sampai di Wonosari kota , maka anda akan menemukan Bunderan Siyono , dengan cirri khas nya yaitu bunderan dengan air mancur diatasnya , langsung anda belok kiri saja , dan setelah itu ikuti saja jalan utama sampai anda menemukanPertigaan dengan tugu yang ada di tengah jalan , lalu anda lanjut dengan belok ke kiri , setelah itu jangan khawatir , letak goa Pindul ini juga sudah diketahui masyarakat setempat dengan baik . jadi di beberapa persimpangan jalan pun sudah tersedia papan petunjuk jalan menuju Goa Pindul meskipun dengan papan sederhana

goa-pindul-yogyakarta

harga tiket masuk goa pindul

Untuk harga tiket disini adalah Rp 25.000 per orang , dan harga tersebut sudah termasuk dari Paket Cave Tubing Pindul , fasilitas yang didapatkan dari paket tersebut adalah : Jasa pemandu , Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp ) , Asuransi Transportasi
Sebaiknya tidak terlalu siang saat sampai di lokasi. Selain menghindari teriknya matahari saat berjalan menuju mulut goa, datang terlalu siang dapat menyebabkan anda harus mengantri untuk menikmati indahnya goa Pindul, khususnya di musim liburan.

Kuliner di Goa Pindul

Jika anda sedag berada di Goa Pindul maka jangan khawatir jika anda tidak membaa bekal makanan atau pun minuman , goa pindul ini tidak pernah sepi pengunjung sehingga hal tersebut juga menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar unutuk membuka warung warung yang ad di sekitaaran goa pindul , beraneka macam jajanan atau pun inuman dijajakan di tempat ini, mulai dari es kelapa muda yang segar diminum setelah cave tubbing , ada sate ayam , bakso , mie ayam, dan ada juga mie instant yang praktis di seduh setiap saat , jadi anda pun tetap tenang jika tidak membawa bekal apapun .

hotel terdekat di Goa Pindul

Goa Pidul merupakan tempat wisata yag sangat ramai dikunjungi , bahkan setiap akhir pekan tempat ini selalu dikunjungi oleh ribuan pengunjung dari dalam dan luar kota , maka hal tersebut dimanfaatkan oleh palku industry hotl untuk membangun di kawasan goa pindul tersebut , namun anda pun tak perlu khawatir , jika anda memiliki budget yang tidak terlalu banyak untuk berlibur , maka di sekitar goa pindul ini juga banyak sekali homestay yang disewakan oleh warga dengan harga mulai 100 ribu rupiah permalamnya , cukup murah bukan , fasilitasnya pun juga lengkap ada kamar mandi dalam , kipas angin dan juga sering kali ada sarapan untuk para pengunjung meskipun itu juga sederhana, yang jelas warga di gunung kidul ini sangat ramah dan juga welcome untuk para wisatawan yang berkunjung ke daerah mereka .