jelajah lokasi goa jomblang gunungkidul

Ada lagi wisata alam yang eksklusif dan menantang yang ada di gunungkidul ini,tidak haya pantai yang memiliki eksotisme tinggi , namun di gunung kidul ini juga memliki wisata lain yang tak kalah eksotis dan juga menawarkan sensai berwisata yang berbeda dari sebelumnya . tempat wisata ini adalah goa Jomblang , Goa yag terletak di etis Wetan gunungkidul ini jika dilihat lebih teliti dan secara detail Goa Jomblang ini ternyata terletak di perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah, sampai dengan kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, dan yang lebih menariknya lagi Goa Jomblang ini juga pernah dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika di tahun 2011 . membanggakan bukan jika ternyata tempat tempat wisata di Indonesia sudah dikenal sampai mancanegara.

goa-jomblang-gunung-kidul

Sejarah dan asal usul Goa Jomblang

Goa Jomblang Gunung Kidul ini dibalik ke eksotisannya ternyata memiliki cerita sejarah yang sangat kelam. Pada era tahun 1970-1980 an, goa ini ternyata dipakai sebagai lokasi dari pembunuhan massal anggota PKI. Bahkan ratusan anggota PKI ini dibunuh secara sadis dan bahkan sangat kejam di goa Jomblang tersebut. Menurut cerita dari masyarakat sekitar yang sudah lama mendiami lingkungan di dekat goa tersebut, dulunnya anggota PKI dikumpulkan secara berkelompok dan setelah itu merka dijejerkan tepat di bibir goa dengan tangan yang sudah saling terikat satu dengan yang lain. Dan ketika salah satu dari mereka ditembaki sampai jatuh ke dalam gua, maka anggota lainnya pun semua akan ikut terjatuh karena diikat bersamaan. Karena kisah ini juga sebelumnya sempat membuat takut masyarakat setempat ditambah lagi dengan cerita-cerita angker seputar tentang goa tesebut. Diceritakan juga bahwa adanya penjelajah dan wisatawan yang tiba tiba hilang di goa tersebut. Dan pada tahun 1990 masyarakat di sekitar goa sepakat untuk menggelar doa bersama di goa tersebut. Dan setelah sejak saat itu, tidak ada cerita atau kejadian lagi penjelajah goa yang hilang karena ditelan Goa Jomblang Gunung Kidul.

ketika saat berada didasar goa, kita dapat menemukan beberapa tumbuhan yang tumbuh subur dan merimbun, pada dinding kapur di dalamnya ditumbuhi banyak sekali tanaman perdu. Setelah sampai dasar, penjelajah juga dapat beristirahat pada sebuah bilik yang alami karena bentukan alam. Selanjutnya setelah penjelajah dapat meneruskan perjalanan dilanjutka dengan menyusuri lorong yang menghubungkan goa Jomblang dengan goa vertikal lainnya yang juga ada di sekitar goa jomblang , goa tersebut bernama bernama goa Grubug. Lorong yang juga sebagai penghubung dua goa tersebut cukup lebar dengan panjangnya adalah sekitar 500 meter. Nah , untuk menyusuri lorong penghubung itu penjelajah juga dapat dengan mudah melalui nya karena didalamnya sudah terdapat jalan setapak yang dibentuk dari bebatuan yang telah disusun memanjang. namun , biarpun dapat dilalui dengan mudah , penjelajah juga harus tetap berhati-hati dan waspada karena jalan tesebut sangatlah licin dikarenakan udara dalam gua yang lembab.

lokasi-goa-jomblang

Setelah penjelajah sampai di ujung lorong yang juga merupakan dasar dari goa Grubug, penjelajah sudah bisa melihat keindahan yang luar biasa yang tersimpan di goa ini. ada dua stalagmit yang cukup besar dan berwarna hijau agak kecoklatan yang berdiri tegak di tengah dasar gua Grubug, pemandangan tersebut sangatlah langka , dan tidak ada di permukaan bumi , karena hanya bisa dilihat di dalam goa. Dan apabila penjelajah telah mencapai dasar gua Grubug tepat pada pukul 13.00 WIB penjelajah juga akan dapat melihat pemandangan yang sangat eksotik di negeri ini , pemandangan luar biasa tersebut tercipta dari sinar matahari yang menerobos langsung masuk ke dalam kegelapan dasar dari gua Grubug. Sinar matahhari juga menyentuh sejumlah stalagtit dan stalagmit yang terbentuk dari tetesan air yang telah ada selama ribuan tahun.

Tak hanya itu , ternyata di dalam goa juga terdapat aliran sungai yang berasal dari Kalisuci yang terletak pada sisi di sebelah utara yang ada dari stalagmit besar tersebut. Penjelajah juga dapat menggunakan perahu karet pada saat musim kemarau Aliran sungai tersebut menghubungkan dari dasar gua Grubug ke beberapa gua lainnya di wilayah pegunungan karst tersebut.. dan pada musim penghujan aliran sungai tersebut lumayan deras dan berbahaya jika melewati tersbut karena sampai saat ini belum pernah ada yang menyusuri aliran sungai tersebut sampai ujung.

lokasi dan alamat obyek wisata goa jomblang

Goa Jomblang ini terletak di etis Wetan, Kec. Semanu, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893, Indonesia adapun titik GPS dan peta @-8.02866,110.6362083

peta map obyek wisata alam goa jomblang

rute perjalanan menuju ke Goa Jomblang

Bagi anda para pecinta wisata alam, dan ingin mengunjungi lokasi wisata satu ini Goa Jomblang . Dimulai dari jalan menuju Wonosari , menurut informasi , Goa ini berjarak sekitar 10 km dari kota Wonosari. Jika anda berangkat dari jogja maka ambil jalan Jogja-Wonosari setelah sampi tepatnya simpang lima, kecamatan semanu jalan terus menuju rumah kadus Jetis Wetan, lalu berjalan sekitar 3 km menuju bibir goa.

harga tiket masuk ke Goa Jomblang

Saat ini banyak sekali tour guide , atau pun pemandu wisata dari warga setempat yang siap menyambut kedatangan anda ke goa jomblang ini , agak mahal memang , mulai Rp 400.000 , anda bisa menelusuri goa ini dan mendapatkan pinjaman helm pengaman, satu set peralatan untuk caving , dan sewa perahu karet , harga tersebut tentunya dapat naik sewaktu waktu , untuk menjelajahi goa ini , anda memang di wajibkan untuk dipandu dengan tour guide karena area nya agak berbahaya dan rintangannya agak berat . perlu keberanian untuk menelusuri goa Jomblang ini

kuliner yang ada di Goa Jomblang

disekitar goa jomblang ini juga ada rumah rumah warga yang sekaligus menjajakan dagangan mereka mulai dari kmie instant ,gorengan , dan camilan ringan, dan untuk pegunjung yang sudah menyewa paket tour wisata , didalam paket tersebut sudah termasuk makan siang yang lezat di santap sebelum atau sesudah mengunjungi goa jomblang

hotel terdekat dengan Goa Jomblang

Ada beberapa hotel yang terletak di Goa Jomblang , tepatnya di wonosari , ada hotel bernama Calida hotel yang bisa ada sewa untuk menginap bersama keluarga