mitos sejarah dan misteri lokasi air terjun madakaripura probolinggo

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu wisata bertema kan air terjun yang tempat nya juga masih terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup mnjulang tinggi yakni tinggi nya sekitar 200 m dan berbentuk unik seperti ceruk yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi yang juga meneteskan air sehingga tebing yang ada di air terjun madakaripura ini membentuk sebuah tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan , 3 di antaranya bahkan ada yang mengucur deras membentuk sbuah air terjun lagi . di air terjun madakaripura ini juga ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama yang berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 m . Di balik air terjun utama ternyata telah terdapat sebuah goa dimana untuk mencapai goa ini sangat sulit bagi pengunjung karena jika ingin masuk k dalam goa ini maka pengunjung yang datang harus melewati terlebih dahulu kolam air seluas 25 m2 yang ada tepat di bawah air terjun tersebut . Kedalaman dari kolam ini sendiri adalah sekitar 7 m dan juga memiliki arus air yang sangat deras sehingga sangat sulit untuk mencapainya .

sejarah lokasi air terjun madakaripura probolinggo

sejarah dan mitos misteri air terjun madakaripura

Menurut penduduk setempat asal usul air terjun Madakaripura berarti ‘tempat terakhir’ yang diambil dari cerita pada zaman dahulu , konon Patih kala itu Gajah Mada menghabiskan akhir hidupnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini di sebuah goa di air terjun utama tersebut .

tempat wisata menarik lainnya :  wisata air terjun lepo atau grojogan ledok pokoh imogiri bantul yogyakarta

misteri mitos asal usul air terjun madakaripura

Lokasi dan alamat Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura ini brlokasi di Dusun Branggah, Negororejo, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur 67183, Indonesia . berikut titik GPS dan juga peta @-7.854145,113.0065164

map peta lokasi air terjun madakaripura

rute menuju ke Air Terjun Madakaripura

Jika perjalanan datang dari arah Probolinggo maka sesampai di Desa Sukapura akan ditemui pertigaan yang ditandai dengan plang besar . Jika ke kiri ke arah Gunuing Bromo dan yang ke kanan ke arah lokasi Air Terjun Madakaripura. Jarak dari pertigaan ini masih sekitar 4 km hingga tiba di pintu masuk lokasi air terjun. Sebelumnya masih ditemui pertigaan lagi sebelum tiba di pintu masuk dan ambil belokan ke kanan.
Sesampainya anda di pintu gerbang ini dan setelah masuk ke area parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km melewati jalan setapak yang sebagian sudah cor sebagian tidak karena hilang terbawa longsor, dan menyeberangi sungai. Untuk menuju kesana maka sebaiknya anda menggunakan jasa pemandu , hal ini dikarenakan jalan untuk menuju kesana juga cukup berat medannya . Di tambah lagi di lokasi ini juga konon sering terjadi banjir dan longsor . maka Para pemandu ini, umumnya penduduk lokal, banyak ditemui di area sekitar parkiran dan mereka biasanya langsung menawarkan diri kepada pengunjung yang datang , Ongkos pemandu ini sekitar Rp 50000 sekali jalan.
Mendekati lokasi air terjun akan ditemui beberapa warung penjual makanan dan minuman serta penyewaan payung. Bagi yang tidak ingin berbasah basahan akibat terkena siraman guyuran air terjun maka andapun dapat menyewa payung di area air terjun ini.

tempat wisata menarik lainnya :  alamat dan lokasi danau seran banjarbaru kalimantan selatan

air terjun madakaripura probolinggo jawa timur

harga tiket Air Terjun Madakaripura

jika anda berencana mengunjungi tempat ini bersama keluarga maka anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang , harga tersebut belum termasuk parkir yang haya akan dikenakan Rp 2000 untuk kendaraan beroda dua , sedangkan untuk mobil akan dikenakan sebesar Rp 5000 , cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan yang di tawarkan air terjun madakaripura ini .

kuliner yang ada di Air Terjun Madakaripura

di dekat area wisata ini tersedia cukup banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman , jadi jika anda sedan tidak mmbaa bekal maka anda pun tak perlu khawatir karna di tempat ini anda bisa mnikmati makanan dan juga camilan yang di jual di warung warung sekitar sini , dan harga makanan dan minimal yang di jual disini juga cukup terjangkau . anda bisa menikmati minuman hangat dan juga cemilan sambil menikmati air terjun yang sangat sejuk dan mmiliki keindahan yang membuat anda dapat berdecak kagum serta tentunya juga bersyukur atas hidup yang telah diberikan oleh yang maha kuasa

tempat wisata menarik lainnya :  lokasi wisata air terjun umbul songo kopeng

hotel terdekat di Air Terjun Madakaripura

karena wisata ini cukup ramai dikunjungi apalagi jika telah memasuki musim liburan sekolah , maka hal trsebut tidak di sia sia kan bagi para pelaku bisnis di perhotelan , di dekat air terjun madakaripura ini cukup banyak sekali hotel dan penginapan meskipun berjarak berkilometer , namun jika di tempuh dengan kendaraan tetap tidak terasa karna selama perjalan di kanan kiri jalan adalah pemandangan pepohonan yang hijau dan juga rindang tentunya , salah satu hotel yang cukup trkenal di dekat air terjun madakaripura ini adalah hotel bromo permai . hotel ini merupakan tempat penginapan yang cukup lengkap , memiliki 43 kamar dan , di semua kamar tersebut di lengkapi dengan kamar mandi , dngan harga sekitar Rp 400 ribuan per malam nya , anda sudah bisa menginap di hotel ini dengan nyaman bersama keluarga anda , jika anda ingin menginap di tempat ini maka anda harus menempuh kurang lebih delapan kilometer dari air terjun madakaripura

madakaripura - air terjun madakaripura - mitos air terjun madakaripura - air terjun madakaripura probolinggo jawa timur 67183 - asal usul air terjun madakaripura - sejarah air terjun madakaripura - misteri air terjun madakaripura - sejarah madakaripura - mitos madakaripura - madakaripura probolinggo -