daftar kumpulan tempat obyek wisata di jawa tengah yang populer

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa . dan Karena lokasinya yang berada di tengah , jadi provinsi ini sering kali digunakan sebagai tempat istirahat bagi orang yang melakukan perjalanan dari Jawa Barat dan sedang menuju ke provinsi Jawa Timur. Provinsi yang merupakan pusat dari  budaya Jawa ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang harus dikunjungi , nah berikut ini beberapa tempat wisata yang bias anda kunjungi bersama keluarga anda :

Dataran Tinggi Dieng

 

Dataran Tinggi Dieng ini merupakan sebuah kawasan gunung api purba yang berukuran sangat besar ini juga  mempunyai beberapa kawah serta juga banyak sekali  candi-candi bercorak Hindu kuno . Karena berada pada ketinggian yang kurang lebih sekitar dua ribu meter diatas permukaan laut maka Dataran Tinggi Dieng mempunyai suhu yang juga sangat dingin dan sejuk . Pada siang hari suhu udara dapat mencapai 15 derajat Celsius dan suhu akan berada dibawah 10 derajat Celsius pada malam hari . Dataran Tinggi yang ada di Dieng dikelola sebagai tempat wisata di Jawa Tengah secara bersama oleh Kabupaten Wonosobo dan juga pemerintah kabupaten dari Banjarnegara.

Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci yang sangat terkenal ini berlokasi di Tegal , yang juga masih di dalam provinsi Jawa Tengah . Untuk bisa mencapai lokasi Taman Wisata Air Panas Guci ini maka Anda pun juga harus berkendara ke arah selatan dan dalam jarak tempuh sekitar 40 KM jika dari pusat kota Tegal, atau sekitar 30 KM jika ditempuh dari Slawi . dan seperti tempat wisata air panas alami yang lainnya , air panas di Taman Wisata Air Panas Guci yang ternyata berlokasi di bawah kaki Gunung Slamet ini juga dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit terutama penyakit kulit . Fasilitas wisata yang terdapat pada kawasan wisata yang cukup luas karena memiliki lahan seluas 210 hektar ini yaitu kolam renang air panas , lalu tak hanya itu saja karena ada wisata hutan, lalu bagi anda yang ingin lebih lama berada di area ini maka ada juga penginapan dan perkemahan , lalu ada juga lapangan tenis dan lapangan sepak bola untuk anda bermain.

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa ini juga masih berlokasi di utara kota Jepara dan Semarang. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, dan ternyata 5 pulau saja yang ada penghuni nya . Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal , hal tersebut karena pulau ini memiliki keindahan laut dan pantai indah yang menjadi keunggulannya . Selain wisata pantai, Anda juga dapat bermain dengan banyak sekali penyu dan juga ikan hiu di Kepulauan Karimunjawa. Dan , Untuk dapat berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda harus memperhatikan jadwal kapal dengan cukup teliti , jangan sampai ketinggalan , karena jadwal keberangkatannya juga jarang sekali .

Museum Kereta Api Ambarawa

 museum kereta api ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di tengah kota Ambarawa, yaitu kurang lebih sekitar 20 KM dari kota yang merupakan ibukota jawa tengah yaitu Semarang . Sebelum beralih fungsi menjadi sebuah museum, Museum Kereta Api Ambarawa ternyata pada zaman dahulu merupakan sebuah stasiun kereta api yang berjaya pada masa lalu. Sesuai dengan namanya, Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai koleksi kereta api yang cukup unik dan juga sangat lengkap di antaranya 21 kereta uap dan alat telegraf morse, lalu ada juga telepon antic , perabotan antik dan yang terakhir ada juga beberapa bel antik. Ada koleksi yang merupakan kebanggan milik Museum Kereta Api Ambarawa adalah kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 di seluruh dunia.

Pantai Marina

Pantai Marina yang dimaksud bukanlan sebuah Pantai Marina yang ada di kota Batam, karena Pantai Marina ini ada di Semarang . Pantai Marina semarang merupakan salah satu tempat wisata di jawa Tengah yang tentunya paling ramai dikunjungi khususnya oleh para wisatawan lokal karena hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Bandara Internasional Semarang tersebut , yaitu Bandara Ahmad yani. Di Pantai Marina Anda dapat bermain perahu, memancing, balapan mobil mainan, berenang, hingga anda pun juga bias berjalan-jalan ke kebun buah naga yang cukup menyenangkan .

Puri Maerokoco

Beberapa dari orang yang ada di jawa tengah kadang belum tahu puri maerokoco , Puri Maerokoco adalah taman mini versi provinsi Jawa Tengah yang masih berlokasi di Semarang. Dan Sekarang ini Puri Maerokoco telah menjadi sebuah tempat wisata yang cocok digunakan sebagai tempat wisata  edukasi dan juga budaya, sehingga juga banyak orang tua yang membawa anak mereka ke tempat ini . Puri Maerokoco ini ternyata juga sering kali disebut-sebut sebagai cara mudah keliling Jawa Tengah karena menampilkan berbagai rumah adat dari seluruh pelosok Jawa Tengah . dan Selain rumah adat, Puri Maerokoco juga mempunyai fasilitas wisata berupa kolam pemancingan , lalu ada juga sepeda air , kereta untuk berkeliling , dan disini juga ada pasar apung , bianglala yang lumayan tinggi , perahu, dan masih banyak lainnya . Puri Maerokoco buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore dengan harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu  seharga 10,000 Rupiah.