5 obyek wisata air terjun di nganjuk jawa timur

Nganjuk merupakan sebuah Daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur . Daerah Nganjuk ini sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Pada zaman dahulu, Nganjuk dikenal dengan nama Anjuk Ladang . Nganjuk ini juga dikenal dengan julukan sebagai Kota Angin.

Nganjuk ini sendiri ternyata juga merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam serta wisata sejarah yang semuanya ada di Nganjuk , jika anda ingin berlibur maka nganjuk disini juga merupakan tempat yang cocok , dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara , lalu bisa juga pasangan ataupun keluarga dijamin pasti liburan anda pasti akan lebih menyenangkan . Nah , Berikut beberapa tempat wisata yang cukup menarik dan juga sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi

Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo atau Grojogan Sedudo merupakan salah satu air terjun yang tertinggi di Indonesia yang ada di Nganjuk Jawa Timur. Air terjun ini terdapat di daerah desa Ngliman , tepatnya berada di kecamatan Sawahan , Kabupaten Nganjuk . Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut dan juga memiliki ketinggian air terjun setinggi 105 meter menjulang . Tempat ini selain memiliki keindahan alam yang sangat mempesona juga memiliki jalur transportasi yang mudah untuk dijangkau sehingga banyak wisatawan yang kemudian memilih tempat ini sebagai tujuan wisatanya. Nah , perlu untuk anda ketahui bahwa masyarakat di sekitar desa ngliman ini juga masih mempercayai bahwa air dari Air Terjun Sedudo tersebut memiliki kekuatan supra natural yang cukup kuat sehingga pada sa’at bulan suro di kawasan wisata ini banyak di kunjungi warga Nganjuk dan sekitarnya untuk melaksanakan ritual yang juga diknal dengan nama Mandi Sedudo pada setiap tahunnya . Sebab mereka percaya bahwa bulan suro tersebut bisa membawa berkah , dan apabila mandi di Air Terjun Sedudo diyakini bisa membuat siapapun menjadi awet muda.

Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning merupakan salah satu tempat wisata di Nganjuk yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret . Air terjun ini berbeda dari yang lainnya karena air yang jatuh dari atas mengalir merambat melalui bebatuan , oleh karena itulah air terjun ini dinamakan air terjun merambat roro kuning . Selain menikmati air terjun merambat , disini ternyata juga terdapat kolam renang dan juga tempat yang digunakan sebagai penangkaran rusa. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela – sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus . Kemudian aliran  air terjun tersebut juga membentuk seperti trisula. Jika anda tertarik untuk datang ke tempat wisata ini, anda bisa menempuhnya dari Nganjuk , kurang lebih berjarak 30 km ke arah selatan Nganjuk.

Air Terjun Singokromo

Air terjun Singokromo memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan suasana sekitar air terjun yang masih sangat sejuk . Air terjun yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk ini belum dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata, hal itu membuat akses menuju lokasi menuju air terjun masih agak sulit gitu. Air terjun Singokromo ini berjarak sekitar 2,5 km jika ditemouh dari pusat Kota Nganjuk . Untuk mencapai lokasi air terjun ini maka anda pun cuma bisa menggunakan kendaraan roda dua. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di atas setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit . Air terjun ini juga terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo yang sangat tinggi itu .

Air Terjun Sumbermanik

Air Terjun Sumbermanik ini terletak di Desa Blongko , Kecamatan Ngetos , Kabupaten Nganjuk . Akses untuk menuju lokasi air terjun memang masih sulit tapi anda juga bisa mengandalkan warga sekitar untuk menemani menuju lokasi air terjun . Dari Desa Blongko , anda akan melewati jalan terjal dan berbatu jadi anda harus hati hati supaya tidak terjadi hal hal yang diinginkan . Namun, semua rasa letih anda sebelumya juga akan terbayar tuntas saat tiba di air terjun setinggi 35 meter tersebut. Air terjun yang berada tepat di lereng bukit Punjul Gunung Wilis ini

 

Air Terjun Ngebleng

Air Terjun Ngebleng ini sendiri terletak di perbatasan antara jombang dengan nganjuk , tepatnya berada di Dusun Tondowesi Lor / Utara ( Ndosie ) , Desa Pule , Kecamatan Jatikalen , Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur, Air Terjun Ngebleng ini memiliki suasana yang masih alami dan belum di kelola oleh pemerintah daerah setempat , hal tersebut bisa dilihat karna belum ada karcis masuk , lalu yang berkunjung kesini dapat parkir di rumah warga seiklasnya. Untuk menuju air terjun jalan kaki ± 2 km/ 1 jam an dari rumah warga , jika musim kemarau sepeda motor bisa langsung ke air terjunnya . pas musim penghujan debit airnya lumayan deras , kalau musim kemarau airnya surut /sedikit .