19 tempat wisata di kabupaten madiun jawa timur yang wajib di kunjungi

Madiun merupakan sebuah kota yang ada di Provinsi Jawa Timur , kota ini terletak di sebelah barat dari kota metropolitan di Jwa Timur yaitu Surabaya , lalu ada juga Kota Surakarta di sebelah timur , kota ini mrupakan pusat dari industry kereta Api yang terbesar di Indonesia . dan sedikit informasi , kota ini ternyata juga memiliki beberapa julukan yang juga mencerminkan keunikan dari kota ini , diantaranya yaitu , Kota Sepur (sepur berarti kereta) , lalu kota madiun ini juga dijuluki sebagai Kota Pecel , Kota Budaya , dan juga Kota Sastra , dan tidak hanya itu saja , ternyata kota ini memliki juluka lagi yang tak kalah unik yaitu Kota Gadis , lalu ada juga Kota Brem , Kota Pelajar, dan juga Kota Industri . meskipun memiliki berbagai julukan  , kota ini tetap menjadi kota yang indah untuk dikunjungi , Madiun ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang perlu anda kunjungi bersama keluarga dan juga kerabat , nah berikut ini beberapa tempa wisata yang bisa anda kunjungi tentunya bersama keluarga tercinta :

Monumen Kresek kabupaten madiun

Monumen Kresek yang terkenal angker  didirikan sebagai sebuah monumen untuk mengenang sebuah tragedi berdarah akibat krisis politik pada tahun 1948. Orang-orang sering menyebut dengan Peristiwa Madiun, yang kemudian dibuat dalam seni diorama dan juga dengan relief-relief. Lokasinya, hanya berjarak 8 kilometer menuju arah timur dari Kota Madiun ini . dan , tragedi Madiun ini sendiri juga tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Peristiwa ini juga memakan banyak korban khususnya di Desa Kresek mulai dari anggota TNI, lalu ada juga Pamong Desa, hingga warga sipil biasa.

peninggalan Situs Nglambangan madiun

Situs Bersejarah Nglambangan ini merupakan sebuah situs yang saat ini menjadi peninggalan bersejarah yang berlokasi di desa Nglambangan, masih berada di kecamatan Wungu , dan tepatnya berjarak delapan kilometer ke arah timur jika dari kota Madiun . Di sini terdapat sejumlah peninggalan yang dipercaya sudah ada dari zaman kerajaan Majapahit Berjaya .

Ada sejumlah bangunan dan artefak yang masih terjaga sampai sekarang, seperti disini juga ada Pura Lambangsari , lalu ada juga sebuah Watu Dakon yang ternyata merupakan tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan.

Makam & Masjid Kuno Taman

Makam dan Masjid Kuno Taman merupakan sebuah peninggalan sejarah yang juga berada di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari masjid kuno ini adalah Masjid Donopuro atau bisa juga disebut dengan Masjid Besar Kuno Madiun. Masjid ini dibangun oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro tepatnya pada tahun 1754 silam . Masjid yang semula bernama Masjid Donopuro ini didirikan di tanah perdikan (yang berarti daerah tersebut bebas pajak) Kerajaan Mataram. Dan masjid kuno yang disekitarnya dikelilingi oleh makam para mantan bupati Madiun ini juga masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya Indonesia tepatnya pada tahun 1981, dan namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

Sun City Water and Theme Park

Sun City Water and Theme Park adalah salah satu tempat wisata di Madiun yang sangat ramai dikunjungi apalagi pada saat musim liburan telah tiba . Di sini juga terdapat berbagai macam wahana air yang pastinya bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga anda . Tidak hanya wahana air saja ternyata , di Sun City Water and Theme Park juga terdapat sejumlah wahana permainan yang merupakan tempat yang juga sangat cocok untuk menemani waktu berlibur Anda ketika bersama si kecil di area ini .

Dumilah Water Park  madiun

Dumilah Waterpark ini juga merupakan sebuah wahana permainan air yang berada tepat di jantung Kota Madiun ini . dan bisa dibilang ini adalah salah satu dari destinasi wisata utama bagi para warga di Madiun khususnya . Tempat ini tidak hanya menyediakan kolam renang dan juga wahana air , namun ketika berkunjung di tempat ini maa di sini juga terdapat sejumlah kolam pancing yang tntunya siap untuk melepaskan hasrat para pemancing mania .

Waduk Bening Widas madiun

Waduk bening brantas ini Selain dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik yang mengambil dari aliran Sungai Brantas , waduk ini pun saat ini ternyata juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan yang berada di Kabupaten Madiun. Selain menikmati pemandangan dari sekeliling permukaan waduk yang ternyata juga dikelilingi oleh hutan yang cukup indah , Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang tntu cukup menyenangkan yaitu seperti memancing, lalu anda bisa bermain banana boat, sampai keliling waduk ini dengan naik perahu yang sudah disewa sebelumnya , tntu dengan harga yang cukup terjangkau .

Air Terjun Seweru kecamatan kare madiun

Air Terjun Seweru yang terletak di Dusun Seweru , masih dekat dengan Desa Kare , dan berada di dalam Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun ini tentu sangat sayang jika Anda lewatkan . Untuk sampai ke tempat ini pun juga dibutuhkan sebuah perjuangan yang juga cukup keras , namun semua perjuangan Anda pastinya akan terbayar dengan lunas oleh keindahan yang dimiliki Air Terjun Seweru ini . madiun ini sangat cocok untuk anda jadikan tempat brwisata bersama keluarga anda